Advertisements

Keteraturan pada pergerakan harga*


Selamat malam…

Kalau kita sudah mempelajari Elliot Wave, kita akan bisa melihat bahwa Alloh SWT telah menciptakan semuanya dalam sebuah harmoni.  Semuanya… termasuk dalam hal ini adalah pergerakan harga yang merupakan hasil dari perilaku manusia.  Sebagai contoh adalah pergerakan indeks Dow Jones Industrial (DJI) yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Indeks DJI Jumat kemarin memberikan signal bearish setelah ditutup dibawah titik terendah dari tiga candle sebelumnya.  Signal bearish ini adalah yang pertama semenjak bulan November.  Dilihat dari kacamata Elliot Wave, terdapat keunikan yang terlihat dalam signal bearish kali ini.  Keunikannya dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Dalam Elliot Wave, ada yang disebut sebagai motive wave (sebuah wave yang terdiri dari 5 subwave, yang pergerakannya searah dengan trend jangka panjang).  Pada gambar yang menjadi feature dalam artikel ini (gambar paling atas), anda bisa melihat bahwa dalam sebuah motive wave, subwave ke 1 dan subwave ke 5, memiliki kecenderungan untuk memiliki panjang yang kurang lebih sama (gambar yang paling kiri).  Pada gambar  DJI jangka menengah diatas, kita bisa melihat bahwa:  ‘jika’ reversal yang terjadi kemarin adalah akhir dari trend naik jangka pendek, maka reversal itu terjadi setelah panjang dari wave 5 (1156 poin) tidak jauh berbeda dengan panjang dari wave 1 (1159 poin).

Anda mungkin akan bilang: Ah… ini kan hanya sebuah kebetulan…

Jika itu adalah pendakat anda, mari kita lihat chart jangka panjang dari Dow Jones Industrial Average berikut ini:

Pada gambar diatas kita dapat melihat bahwa ‘jika’ trend naik jangka menengah ini berakhir, maka panjang dari trend jangka menengah yang berakhir kali ini, adalah kurang lebih sama dengan panjang dari trend naik jangka menengah yang terjadi pada awal tahun 2009 yang lalu.

Apakah benar trend naik pada DJI sudah berakhir?  Kita memang masih harus melihat beberapa hari kedepan karena reversal ini masih belum terkonfirmasi.   Indeks DJI kadang suka memberikan signal palsu.  Sering kali, trend turunnya harus terbentuk dulu, sebelum kita yakin bahwa itu adalah sebuah trend turun.  Jadi memang kita harus melihat beberapa hari kedepan.  Akan tetapi..

jika trend naik pada DJI kemudian berubah menjadi konsolidasi dalam sebuah corrective wave (konsolidasi untuk jangka menengah), maka kita bisa menyaksikan bawa pergerakan harga, hanyalah sebuah hasil dari perilaku manusia.

Pertanyaan selanjutnya adalah: Apakah pengaruhnya pada pergerakan IHSG?  Indeks Dow Jones Industrial kan belakangan tidak berpengaruh pada IHSG.  Indeks DJI terus naik, IHSG-nya terus turun.  Apakah kita bisa yakin bahwa DJI akan mempengaruhi IHSG kedepannya?

Hehehe…. itu sebenarnya yang membuat saya khawatir.  Saya memang agak takut kalau yang terjadi: ketika DJI naik, IHSG gak ikutan naik, tapi ketika DJI turun, IHSG ikutan turun.  Sial bener kan?

Kita lihat aja deh beberapa hari kedepan….

Happy trading… semoga untung!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual berdasarkan ulasan ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: