Advertisements

Ketika Sejarah Berulang


Selamat siang…

Kembali ke artikel awal: Trading untuk Pemula

Bagi saya, jenis saham itu hanya ada dua: saham yang penggeraknya fundamental, dan saham yang penggeraknya non fundamental. Saham yang penggeraknya fundamental adalah saham yang fundamental dari perusahaannya bagus dan jelas, sehingga analis-analis fundamental banyak tertarik pada saham-saham itu, sehingga analis-analis fundamental tersebut menganalisis dan kemudian memberikan rekomendasi pada saham tersebut. Tapi bukan berarti harus ‘asal di analisis’ untuk menjadi saham fundamental. Saham tersebut harus dianalisis minimal oleh 10 orang analis fundamental atau lebih, untuk menjadi sebuah ‘saham fundamental’. Disisi lain, saham Non-Fundamental, adalah saham-saham lain di luar saham itu.

Salah satu yang membuat seorang trader lebih mudah memperoleh kemenangan, adalah saham-saham fundamental relatif memiliki volume perdagangan yang lebih stabil sehingga lebih mudah untuk diprediksi. Banyaknya analis-analis fundamental yang menganalisis saham tersebut, memang membuat pergerakan harga ke suatu arah bisa berlangsung lebih lama, dibandingkan dengan pada saham-saham non-fundamental.

Akan tetapi, tolong jangan terus diartikan bahwa asumsi-asumsi dasar dari analisis teknikal tidak berlaku pada saham-saham non-fundamental. Kali ini saya mencoba ‘menggoda’ anda untuk memperhatikan pergerakan saham PYFA yang terjadi dalam 6 bulan terakhir, yang bisa dilihat pada gambar berikut ini:

Pada pergerakan saham PYFA diatas, kita bisa melihat bahwa terdapat 4 kali kejadian, dimana harga bergerak tinggi dalam satu hari dalam volume tinggi, tapi kemudian diikuti oleh koreksi yang terjadi di hari berikutnya. Koreksi nggak cuman satu hari. Tapi koreksi ini terjadi beberapa hari atau bahkan bermiggu-minggu sebelum mulai bergerak lagi. Koreksi ini bisa jadi memang adalah distribusi.

Pertanyaan saya sebenarnya hanya satu: Kalau cuman terjadi 1 kali. Mungkin tidak apa-apa. Tapi… ini sudah 4 kali. Ceritanya juga kurang lebih sama: ada media yang memberitakan bahwa PYFA akan diakuisisi, tapi kemudian dibantah perseroan (dua bantahan diantaranya bisa dilihat pada surat perseoran pada BEI pada bulan November dan Desember).

Saya tidak mau mempermasalahkan langkah dari otoritas pasar modal (dalam hal ini BEI dan Bapepam). Saya hanya ingin menjelaskan kepada anda semua, bagaimana sejarah bisa berulang dalam pergerakan harga.

Kejadian-kejadian seperti ini, adalah bukti bahwa dalam pergerakan harga, sejarah bisa berulang.

Saya jadi kemudian bertanya: kalau ada kejadian seperti ini berlangsung berulang ulang, apakah anda masih saja ‘terperosok’ oleh pergerakan harga semacam ini?

Saya kemudian tertarik oleh pergerakan saham NIKL pada hari ini. Anda bisa melihat pergerakan historisnya pada grafik dibawah ini.

Memang sedikit berbeda dengan PYFA. Pada kenaikan harga yang pertama dan kedua, kenaikan harga bisa terjadi 3 hari. Akan tetapi, pada kenaikan harga yang ke 3 hingga ke 5, kita dapat melihat bahwa kenaikan harga yang cukup signifikan, hanya terjadi 1 hari. Saya seperti pergerakan harga pada PYFA. Pertanyaannya sekarang adalah: mana yang akan terjadi pada NIKL. Apakah seperti pergerakan 1 dan 2? Atau seperti ke 3, ke 4, atau ke 5?

Saya sih… juga tidak tahu jawabannya. Yang saya tahu, ada pepatah yang bilang: Seekor keledai tidak akan pernah masuk dua kali ke dalam lobang yang sama.

Happy trading… semoga untung!!!
Satrio Utomo

Kembali ke artikel awal: Trading untuk Pemula

PS: Sorry kalau gambarnya kuda. Tapi saya tidak bisa menemukan gambar keledai yang nasibnya lebih tragis dari kuda itu. Hehehe.

Advertisements
Comments
One Response to “Ketika Sejarah Berulang”
Trackbacks
Check out what others are saying...


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: