Mencari angka ‘Konsensus Laba Bersih’*


Selamat siang…

Kembali ke artikel awal: Trading untuk Pemula

Tulisan saya mengenai bagaimana pengaruh angka konsensus analis terhadap pergerakan harga kemarin, ternyata memunculkan banyak tanggapan berupa pertanyaan: ‘Bagaimana cara mencari angka konsensus tersebut?’

Paling enak dan paling cepet sih… lihat di terminal Bloomberg. Sebagian besar sekuritas yang besar, memiliki fasilitas ini. Akan tetapi, buat investor retail, tentu akan susah untuk ikutan mendapatkannya karena tidak semua orang memiliki akses ke sebuah terminal Bloomberg. Lagian, kalau langganan sendiri, biaya langganan sebesar US$1700 per bulan jelas tidak ekonomis.

Solusinya: anda bisa menggunakan data konsensus yang didapat dari http://www.reuters.com.

Caranya begini:

1.  Kita masuk ke menu pencarian saham yang ada pada website Reuters.

2.  Masukkan kode saham yang ingin kita cari ke kolom pencarian.  Dalam contoh dibawah, saya mencoba mencari angka konsensus Net Income untuk BMRI.  Ingat!  Reuters menggunakan penandaan yang agak berbeda untuk kode saham di Bursa Saham Indonesia, yaitu dengan menambahkan kode ‘.JK’ pada setiap saham.  Jika kita ingin mencari saham BMRI, berarti kita memasukkan kode sahamnya sebagai BMRI.JK

3.  Pencarian kita sudah menemukan halaman BMRI.  Klik kode saham yang tadi anda cari untuk masuk ke halaman detail.

3.  Kita kemudian masuk lebih dalam ke halaman ‘Analyst’

4.  Halaman ‘Analyst’ ini berisi analisis yang lebih dalam mengenai saham BMRI.  Kita bisa scroll ke bawah sedikit, untuk menemukan angka EPS (earning per share/laba per saham).

5.  Masalahnya: yang dipublikasikan ke media oleh emiten, sering kali adalah angka laba bersih.  Untuk mendapatkan laba bersih, kita harus mengkalikan dengan jumlah saham beredar dari emiten itu.  Masalahnya lagi: Data saham beredar itu berbeda disana-sini.  Tadinya saya mencoba mencari melalui pencarian emiten yang ada pada website BEI.  Akan tetapi, kalau anda merasa pencarian lewat website itu terlalu lama, anda bisa mencari pada jumlah saham beredar yang tersedia untuk asing (foreign available) yang ada pada link ini.

Bagaimana kualitas hasilnya?

Kualitas hasilnya sih cukup lumayan.  Agak berbeda dengan angka yang ada di terminal Bloomberg sih, tapi perbedaanya tidak terlalu signifikan.  Perbedaannya sepertinya karena jumlah rekomendasi analis yang dikumpulkan oleh Bloomberg lebih banyak dibandingkan yang dikumpulkan oleh Reuters.  Maklum… jumlah analisnya memang beda:

Untuk kualitas angkanya dibandingkan dengan yang ada di terminal Bloomberg, bedanya nggak terlalu jauh lah… standar deviasinya cuman 2.68%.  Artinya, perbedaan dengan angka yang ada di Bloomber sekitar plus atau minus 2.68%.  Tidak terlalu besar.

So… tiada rotan, akarpun jadi.  Kalau anda mau melihat angka dari Bloomberg, anda mungkin harus menunggu update dari saya (cuman biasanya edisi lengkapnya biasanya cuman bisa anda peroleh pada Member Area atau jika anda datang ke acara Market Outlook Bulanan di PT Universal Broker Indonesia), atau anda juga bisa membacanya dari report-report dari analis lain.  Tapi kalau anda tidak sabar, anda bisa memperolehnya sendiri berdasarkan cara-cara diatas.

Selamat mencoba….

Happy trading… semoga untung!!!

Satrio Utomo

Kembali ke artikel awal: Trading untuk Pemula

Comments
18 Responses to “Mencari angka ‘Konsensus Laba Bersih’*”
  1. Baron says:

    wow…thanks pak tipsnya

  2. Tomy says:

    Tx atas informasi-nya… kalau target harga bisakah saya menggunakan y di finance. yahoo.com berhubung disana tercantum 1 year est. price.

  3. tom says:

    untuk target price apakah data di finance.yahoo.com di est 1 year price bisa digunakan ??

    • Satrio Utomo says:

      Pak Tom…

      Saya nggak tau itu angka dari mana… tapi sepertinya memang target konsensus. Kalau di reuters, angka itu kan tidak ada. Jadi saya curiga bukan target konsensus. Kalau saya lihat dengan beberapa target rata2 konsensus untk valuasi di Bloomberg untuk beberapa saham, selisih angkanya beda banget …. sekitar 5%-10%. Jadi kesimpulannya: itu sepertinya target valuasi, tapi bukan data yang reliable.

      Semoga menjawab pertanyaan anda.

      Wassalam,
      Satrio.

  4. rahma says:

    dear pak tomo..
    jika menggunakan bloomberg bagaimana langkah2 nya??

    Thx

    • Satrio Utomo says:

      Bu Rahma…

      Saya pake Bloomberg terminal, bukan Bloomberg website (www.bloomberg.com). Kalau Bloomberg terminal harus berlangganan. Biaya langganan per bulannya sekitar US$1900-an.

      Wassalam
      Satrio

  5. edo says:

    Bisa dipertimbangkan juga hasil konsensus analis, terima kasih tipsnya pak Tomo. Walau saya terkadang agak ragu menggunakannya, krn brdasarkan riset yg pernah dilakukan terhadap konsensus analis, hanya 44% yang benar, oleh karena itu selalu ada revisi atas hasil analisa tersebut setahu saya. Tapi setidaknya buat perbandingan dengan nilai yg kita peroleh dari data hasil adjustment laporan keuangan yang disesuaikan utk kepentingan proyeksi kita. Thanks pak Tomo dan sukses selalu.

  6. Yohanes says:

    Mas Tommy, sekedar share aja. Bagi yang membutuhkan data konsensus analis dari reuters.com, bisa diliat di http://www.dataharianbei.com dengan klik “Click here to view Analyst Consensus Recommendation “. Itu adalah hasil rekap konsensus dengan sumber dari reuters.com dan based on LQ45. Semoga bermanfaat.

    • Satrio Utomo says:

      Bung Yohanes…

      Wah… Bagus banget websitenya Bung.. Punya anda atau punya siapa? Kalau punya anda.. saya mau bantu promosiken.

      Tapi sebelumnya.. saya ingin bertanya dan memberi saran:
      1. frekuensi updatenya seberapa sering ya?
      2. Saya usul.. untuk buy/sell.. ada baiknya anda membandingkan analis yang bullish vs bearish. Yang bullish = jumlah buy. Untuk yang bearish = jumlah analis sell + jumlah analis hold. Nanti angka yang keluar disebut sebagai…. duh apa ya.. kalau di bloomberg namanya apa ya? saya kok lupa… kalau gak salah Recommendation Index atau gimana gitu… tapi itu kalau di bloomberg biasanya ada plotting historicalnya.. untuk mengetahui ke’bullish’an pasar terhadap saham itu.

      Selamat deh.. Job well done.
      Terima kasih…

      Wassalam
      Satrio

      • Yohanes says:

        Mas Tom, website punya saya pribadi, senang kalo mo dipromosiin 🙂
        1. Frekuensi update sejauh diperlukan mas. Mau per hari juga bisa cuma kan datanya bakalan sama aja. Sementara sih update tiap akhir bulan (khusus data konsensus analis). Kalo data saham harian BEI dan data index sih sampe sekarang syukur masih bisa saya update tiap hari bursa.
        2. Usul buy/sell diterima dan akan saya update. Semoga bisa dikerjakan dalam liburan ini. Kalo usul historical angkat tangan mas hehehe… ilmu saya ga secanggih itu 🙂

        Terima kasih.

        Yohanes

  7. hutomo2000 says:

    salam, pak saya newbie di dunia pasar modal

    saya mau tanya maksud point no 5

    “Untuk mendapatkan laba bersih, kita harus mengkalikan dengan jumlah saham beredar dari emiten itu” —> maksudnya apakah dikalikan dengan semua jumlah saham yg beredar atau hanya saham yg kepemilikannya punya asing saja?

    “anda bisa mencari pada jumlah saham beredar yang tersedia untuk asing (foreign available) yang ada pada link ini.” —> link ini sudah mati pak, ada link yg lain tidak? atau kalau dari website idx resmi lihatnya dimana ya?

    dan bisa kasih contoh untuk saham BMRI saat ini berapa rata2 estimasi laba bersihnya?

    terima kasih pak..

  8. hutomo2000 says:

    menurut penjelasan bapak pada artikel diatas pada point 5 yaitu: “Untuk mendapatkan laba bersih, kita harus mengkalikan dengan jumlah saham beredar dari emiten itu”

    pertanyaannya adalah:
    1. Untuk mendapatkan laba bersih, apakah kita harus mengkalikan dengan semua jumlah saham yg beredar atau hanya dengan jumlah saham yg tersedia untuk asing saja?

    ps: untuk link jumlah saham beredar yang tersedia untuk asing, yg bapak berikan sudah mati, setelah saya googling2 dapet link yg ini http://www.idxdata.co.id/Download_Data/Daily/Foreign_Avail/ apakah sama pak?

    2. lalu saya ingin tahu kalau perhitungan terkini rata2 estimasi laba bersih BMRI itu berapa? dan selisihnya berapa %, baik dari bloomberg atau manual lewat reuters

    3. saya sudah minta Request access untuk mengkases cheat sheet terbaru, tapi koq belum bisa masuk2 ya? apa ada persyaratan lainnya?

    terima kasih

    • Satrio Utomo says:

      Bung Hutomo…

      Saya akan coba jawab satu per satu….

      menurut penjelasan bapak pada artikel diatas pada point 5 yaitu: “Untuk mendapatkan laba bersih, kita harus mengkalikan dengan jumlah saham beredar dari emiten itu”

      pertanyaannya adalah:

      1. Untuk mendapatkan laba bersih, apakah kita harus mengkalikan dengan semua jumlah saham yg beredar atau hanya dengan jumlah saham yg tersedia untuk asing saja? –> Jumlah saham beredar.

      ps: untuk link jumlah saham beredar yang tersedia untuk asing, yg bapak berikan sudah mati, setelah saya googling2 dapet link yg ini http://www.idxdata.co.id/Download_Data/Daily/Foreign_Avail/ apakah sama pak? –> Satrio: Beda Mas… Itu hanya saham yang boleh ditransaksikan oleh investor asing (jika pada saham tersebut terdapat pembatasan kepemilikan pemodal asing).

      2. lalu saya ingin tahu kalau perhitungan terkini rata2 estimasi laba bersih BMRI itu berapa? dan selisihnya berapa %, baik dari bloomberg atau manual lewat reuters –> saya sekarang biasa pake ft.com. Untuk BMRI, silakan klik link ini.

      3. saya sudah minta Request access untuk mengkases cheat sheet terbaru, tapi koq belum bisa masuk2 ya? apa ada persyaratan lainnya? Cheatsheet terbaru hanya untuk paid-member.

      terima kasih –> terima kasih juga.

      Wassalam,
      Satrio

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Dulu.. saya sudah pernah membuat tulisan tentang bagaimana mencari data konsensus dengan menggunakan PC. […]



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: