Bandar Keliling*


Selamat siang…

Kembali ke artikel awal: Trading untuk Pemula

Kemarin, salah seorang teman memperingatkan saya:

Bro…  belakangan ada bandar keliling.  Mereka ini menggerakkan saham-saham yang lama gak aktif.  Tapi karena duitnya dikit, tarikannya cuman bentar ajah.  Satu-dua hari hari paling kelar.  Gak sampe seminggu lah… Ati-ati kalau masuk saham begituan… kalau elu pas dapet distribusinya… duit elu bisa amsyong (mati) berkepanjangan…

Saya sebenarnya agak bingung dengan apa yang dikatakan teman saya ini.  Maklum, mata saya memang hanya terbiasa melihat saham-saham blue chip yang itu-itu saja.   Hehehe… maklum… itu resiko kalau trading pake kacamata kuda.  Saham diluar saham pilihan tidak masuk ke dalam ‘radar’.   Tapi ketika saya melihat saham-saham diluar saham-saham yang menjadi pilihan saya, ternyata saya baru sadar bahwa belakangan banyak saham-saham lapis tiga atau empat yang bergerak naik cukup banyak, tapi hanya beberapa hari saja.  Setelah itu kembali turun, dan volume kemudian hilang.  Saya sih lebih suka menyebut ini sebagai fenomena ‘Cramer bounce‘, harga yang bergerak tinggi karena rekomendasi beramai-ramai atas saham lapis ketiga-keempat.

Bagi anda yang suka saham lapis ketiga atau lapis keempat, saya tidak bosan-bosannya mengingatkan:

  • Saham-saham itu, kalau sudah diam, diamnya bisa lamaaaaaaa sekali.
  • Saham-saham itu hanya bagus untuk trading.  Kalau untuk investasi…. pendapatan mereka biasanya bukan dari pendapatan operasional.  Untuk investasi?  Mendingan yang laen kali ye?
So… Hidup adalah pilihan.  Saya memilih untuk disiplin untuk trading hanya pada saham-saham yang fundamentalnya jelas.  Saham-saham seperti itu… saya memang kadang rekomendasi… maklum… prediksi atas saham-saham seperti itu kan tetap sama saja dengan saham-saham bluechip lainnya.   Tapi saya tidak tertarik untuk melakukan posisi beli atas saham-saham yang diluar trading plan saya.   Biar orang lain untung, saya percaya bahwa setiap olang punya mangkoknya sendiri-sendiri.

Terakhir… pergerakan saham-saham lapis ketiga dan lapis keempat ini, sering kali mengakhiri sebuah siklus trend jangka menengah.  Kedepan, kita tinggal memperhatikan: apakah saham-saham lapis pertama (big caps) sudah mulai terkoreksi sehingga mengakhiri trend naik jangka menengah?  Atau malah saham-saham big caps kembali menguat sebagai tanda bahwa IHSG sudah keluar dari kisaran konsolidasi dan trend naik jangka menengah yang baru sudah kembali dimulai?

Kita lihat deh…

Happy trading… semoga untung!!!

Satrio Utomo

Kembali ke artikel awal: Trading untuk Pemula

Comments
One Response to “Bandar Keliling*”
Trackbacks
Check out what others are saying...


Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

