Advertisements

Positioning dengan memanfaatkan suport dan resisten*


Selamat pagi…

Kembali ke artikel awal: Trading untuk Pemula

Setiap hari, harga bergerak naik dari sebuah suport menuju ke sebuah resisten atau turun dari sebuah resisten menuju ke sebuah sebaliknya.  Dalam kondisi ceteris paribus, pergerakan harga saham diantara satu suport dan resisten ini berlangsung terus menerus.

Ketika menghadapi pergerakan seperti ini, strategi yang bisa diterapkan sebenarnya relatif sederhana: beli ketika harga berada di area suport, dan jual ketika harga berada di area resisten.

Jika stoploss ternyata terpaksa dilakukan, maka posisi stoploss bisa dilakukan ketika harga menembus suport (untuk stoploss beli), atau… ketika harga menembus resisten, maka posisi yang sudah dijual ketika harga berada di posisi resisten, kembali dilakukan pembelian kembali (buy back) ketika harga menembus resisten.

Permasalahan ketika volatilitas market meningkat

Belakangan ini, saya melihat sebuah fenomena menarik: pergerakan harga yang lebih volatile dibandingkan dengan pergerakan harga yang biasa terjadi.  Fenomena ini sebenarnya relatif normal ketika kita mengamati pergerakan harga saham di bursa yang sudah maju, seperti bursa Amerika.  Akan tetapi, fenomena ini relatif baru bagi pergerakan harga saham di bursa kita.

Beberapa orang kemudian bilang: ah… suport dan resisten tidak bener lagi… suport dan resisten tidak bisa dipakai lagi.   Kalau menurut saya sih… Suport dan resisten sebenarnya tetap bisa digunakan.  Kita sebenarnya tinggal mengubah sudut pandang kita menjadi lebih ‘kreatif’, yaitu dengan melakukan Contrarian Positioning.

Seperti apakah Contrarian Positioning itu? Anda bisa mengikuti penjelasan selengkapnya mengenai contrarian positioning pada ulasan berikut ini.

Happy trading… semoga untung!!!

Satrio Utomo

Kembali ke artikel awal: Trading untuk Pemula

Advertisements
Comments
2 Responses to “Positioning dengan memanfaatkan suport dan resisten*”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] #25: Memahami Suport dan Resisten (dan aplikasinya untuk trading) […]

  2. […] Resisten.  Anda bisa menggunakan materi yang ada di weblog saya ini (lihat materi bacaan pemula nomor #25 dan nomor #26).  Kalau untuk materi yang dari luar, anda bisa melihatnya pada link berikut […]



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: