Trend: Jangka Panjang, Jangka Pendek, dan Jangka Menengah*


Selamat pagi…

Kembali ke artikel awal: Trading untuk Pemula

Kemarin ada orang protes di FB saya mengenai kualitas prediksi saya:

Pas apanya? Selasa IHSG berapa dibanding Senin?, lha hari ini Rabu 9 sept 2011 IHSG malah naik 111,46 atau + 2,87 %, di 4.001,43. No body perpect.

Itu adalah protes dari tweet yang saya kirim di hari Senin yang bunyinya:

posisi asing pada #saham masih net buy… tapi yang jualan semakin galak… saya sudah exit posisi.. duduk manis dulu di pinggiran…

…..

hm.,… dalam melakukan prediksi, membaca arah pergerakan harga… seorang trader (dan juga seorang analis), harus melihat 3 macam trend: Jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.  Rentang waktunya memang berbeda-beda untuk setiap orang…. kalau menurut standar saya sih…

  • Trend jangka pendek: 1 hari – 1 minggu
  • Trend jangka menengah: 1 minggu – 3 bulan
  • Trend jangka panjang: diatas 3 bulan

atau karena saya menggunakan Elliot Wave, berarti:

  • Trend jangka pendek: Minute (harian) atau lebih pendek dari itu
  • Trend jangka menengah:  Minor (weeks) hingga Intermediate (weeks to months)
  • Trend jangka panjang: Primary (a few months to a couple of years).
So… kalau anda menanyakan prediksi saya untuk saat ini… silakan melihat
Saya manusia.  Karena manusia, saya bisa saja salah.  Keterbatasan saya yang membuat saya selalu sadar bahwa ada dzat yang selalu benar, selalu sempurna, yaitu Alloh SWT.   Tapi kalau anda menyalahkan saya karena anda tidak mengikuti update saya… hehehe… itu namanya anda cari musuh… cari berantem.
So… Ikuti terus update dari saya.  Semoga saya bisa terus menemani anda sebagai referensi terpercaya di pasar modal Indonesia.
Happy trading… semoga untung!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual berdasarkan ulasan ini.  Terima kasih.

Comments
8 Responses to “Trend: Jangka Panjang, Jangka Pendek, dan Jangka Menengah*”
  1. bona says:

    bagus……..ulasan pak satrio, ya kalo mah nanya di FB “Pas apanya? Selasa IHSG berapa dibanding Senin?, lha hari ini Rabu 9 sept 2011 IHSG malah naik 111,46 atau + 2,87 %, di 4.001,43. No body perpect” seperti itu orang yang gak pernah belajar…..memang banyak player di saham yang mau nya pinter instan……kalo kiat berada di market kata harus tetep terus belajar…..dan belajar…….GBU

  2. Maxi says:

    Dear, Bp Satrio
    Semangat terus pak, . Tidak usah dihiraukan komentar kritik yg hanya bisa menjatuhkan tapi tidak memberikan solusi dan yang tidak membangun. Untuk saya pribadi, analisa pak satrio menjadi salah satu referensi yg reliable pada waktu market sangat violatile, dimana seasoned trader pun bisa kehilangan arah.

    Saya kasih testimony tentang 2 trade terbaru saya yg menghasilkan big profit berdasarkan analisa bapak SATRIO.
    1. IHSG tidak akan turun dibawah 3590. saya lakukan entry pada waktu ihsg minus 4-5% yang akhirnya rebound pada hari itu juga.
    2..Tweet pak satrio untuk buyback PGAS @ 3650-3750. sy entry di 3675, 3700, 3725. skarang sudah profit PGAS 3925.

    Thank you Bp Satrio
    God Bless You.

  3. joko says:

    @ Pak Satrio Utomo : what ever thanks a lots.
    @Bona : Hahahahaa.
    @ Maxi : kalau sekitar september 2011 maksudnya PGAS bukan entry 3.650 – 3.750 kalee, tapi 2.650 – 2.750 kalee. Itu = harga awal-awal tahun 2009an.

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] #28: Charting Skills: Mengenal Jangka Waktu dari Trend […]

  2. […] syarat dari Top adalah terdapat trend naik sebelumnya, dan terdapat 3 macam periode daripada trend, maka juga bisa terdapat Top untuk trend jangka pendek, Top untuk trend jangka menengah, dan Top […]

  3. […] ada 3 macam jangka waktu daripada trend, maka juga terdapat 3 macam pula Bottom dari sebuah trend: Bottom dari trend jangka pendek, bottom […]



Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

