UNTUK ACARA J-CLUB: BAGAIMANA PREDIKSI ANDA ATAS ARAH HARGA SAHAM DAN IHSG DI TAHUN 2014 ???

140225 Ulang Tahun J Club

Selamat pagi…

(Pengantar: ini saya repost ye… Sampai jumpa hari Jumat)

Sebenarnya… ketika Aria Santosa… kenalan saya menanyakan kepada saya: Mas… apakah saya mau kalau tampil di Acara ulang tahun J-Club… hehehe… terus terang… saya sedikit terheran-heran.  Heran…. merangkap sangat terhormat.  Heran karena saya merasa diri saya tidak pernah memperkenalkan diri secara resmi terhadap komunitas tersebut.  Merasa sangat terhormat karena di acara yang sangat spesial ini.. Ulang Tahun ke 9 J-Club … saya malah diundang sebagai pembicara.  Itu sebabnya… ketika Aria pertama kali menghubungi saya… saya jadi tidak yakin.  Saya sampai menghubungi Jhon Veter berkali-kali untuk memastikan.  Saya baru benar-benar percaya setelah kemarin Adi Kiswoyo datang kepada saya, memperlihatkan leaflet ini, dan memperlihatkan rundown acara, dimana disitu saya dijadwalkan untuk ngomong pada hari Jumat, tanggal 28 Februari 2014 jam 16.00 – 18.00… baru saya percaya.  Hehehe…. Mungkin … diajakin ke acara J-Club adalah salah satu mimpi terindah saya sehingga saya jadi sulit untuk percaya bahwa itu adalah benar.  Tapi ternyata benar.

Setelah benar… pertanyaan saya yang kedua adalah: mau ngomong apa?  Adi Kiswoyo kemarin bilang… bahwa ngomongnya ngomong Market Outlook… karena nama acaranya adalah acara Outlook.Outlook? Waduh… bukannya topik itu sudah terlalu sering saya bawakan?  Nggak bosen apa audiencenya?

Terus terlintas dalam pikiran saya:  Bagaimana… kalau saya membuat judul dari presentasi saya nanti sebagai berikut:

Bagaimana Outlook Anda atas Kondisi Bursa Indonesia di tahun 2014 ini?

Eh… tentu saja.. bukan lantas anda yang presentasi.  Hehehe…. bisa dimarahin saja Eyang Ratman dan Jhon Veter saya nanti.  Tapi.. saya mau mencoba sebuah pendekatan baru dalam melakukan presentasi pasar modal.  Arah Outlooknya, tentu saja tetap saja arah outlook yang saya guidance.  Akan tetapi, saya akan menggunakan cara-cara yang sangat sederhana, cara-cara yang sudah saya list tadi diatas… dan…  saya kepingin… anda … salah satu dari peserta, secara bergantian, yang mencoba melakukannya didepan.  Mau?

Loh?  Apa tujuan Pak Tommy melakukan hal yang seperti itu?

Begini… sebenarnya… ketika sesesorang datang ke dalam sebuah acara training, workshop, pelatihan, dll… yang mereka cari adalah: cara untuk memprediksi, aplikasi, dan rasa percaya diri untuk menggunakan technical tools tersebut.

Nah… Pendekatan saya atas prediksi di pasar modal Indonesia, terutama untuk memprediksi harga saham, saya hanya menggunakan:

  • Trend dengan cara tarik garis
  • Suport dan resisten
  • Price Pattern
  • Fibonacci Retracement
  • Candlestick Kontemporer (Candlestick tanpa menghafalkan 50+ pattern)

Itu semua yang saya lakukan untuk prediksi harga jangka pendek.

(Memang …. kalau untuk jangka menengah atau panjang, terutama untuk prediksi indeks (baik itu IHSG maupun indeks regional) saya masih menggunakan Elliot Wave, dimana Elliot Wave ini  saya tidak mau mengaplikasikannya pada pergerakan harga saham karena saya merasa itu percuma)

Dari alat-alat prediksi itu, semua adalah alat prediksi sederhana, yang (menurut saya) harus sudah dikuasai oleh mereka yang akan berkecimpung di pasar modal Indonesia.

Nah… sekarang… masa sih diantara anda tidak ada yang bisa alat analisis tersebut??   Atau… setidaknya… anda belajar alat analisis tersebut dirumah… nanti… di sono… saya terangkan sedikit mengenai cara penggunaan technical tools tersebut sesuai dengan sudut pandang saya.  Lantas… ketika seorang peserta saya minta untuk maju ke depan, maka peserta tersebut akan melakukan aplikasi technical tools sesuai dengan cara yang diambil dari sudut pandang saya.  

Enak toh?

Eh.. Tapi… mengapa saya pake garis bawahi ‘sesuai dengan cara yang diambil dari sudut pandang saya’ ??? Well… tentu saja… pernyataan  itu bukan karena saya merasa bahwa cara saya yang paling benar.  Tapi.. karena disitu saya adalah sutradaranya.  Pembawa Acaranya.  Saya akan membawa anda … memandang market dari sudut pandang saya.

Atau… secara garis besar… saya ingin anda mencoba aplikasi dari kumpulan tulisan untuk trader pemula yang sudah saya posting beberapa waktu yang lalu.

Tertarik?

Kalau anda tertarik… silakan saja melakukan pendaftaran kepada jclubexpo@gmail.com … daftarnya buruan… karena seatnya sepertinya memang sangat terbatas.

Sampai ketemu di acara tersebut…. Ingat ya: tanggal 28 Februari 2014, acara mulai jam 14.00.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

