Krisis Ukraina = kesempatan untuk belanja….*


Zelamat PaGee dari PT Universal Broker Indonesia, Selasa, 4 Maret 2014

Selamat pagi…

Sentimen negatif dari krisis di Ukraina telah membuat indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam terkoreksi 153,68 poin. Akan tetapi, meski koreksi tersebut signalnya negatif, indeks dari bursa di kawasan Asia pagi ini terlihat masih bergerak flat-naik, seiring berkurangnya eskalasi ketegangan di Semenanjung Crimea. Indeks Nikkei dan KOSPI pagi ini hanya terkoreksi dibawah 0,2 persen. Indeks Strait Times (STI) malah sudah running dengan kenaikan sekitar 0,5 persen, sedangkan indeks Hang Seng dibuka dengan kenaikan sebesar 0,18 persen.

IHSG kemarin ditutup dengan signal negatif setelah gagal ditutup diatas kisaran suport 4598 – 4613. Akan tetapi, reaksi pasar terhadap beberapa berita negatif yang kemarin muncul, sebenarnya masih relatif ‘netral’. Terhadap neraca perdagangan Januari yang ternyata defisit, pemodal asing sebenarnya tidak bereaksi negatif. Di pasar reguler, posisi net sell yang dilakukan oleh pemodal asing, terlihat berkurang drastis dari Rp 68 miliar menjadi hanya Rp 5,59 miliar dalam rentang waktu akhir sesi pertama hingga akhir sesi kedua. Koreksi pada IHSG kemarin, semata-mata hanya karena pada hari Jumat, beberapa saham ditutup ‘terlalu tinggi’ akibat aksi beli di akhir sesi.

Dengan posisi indeks regional yang kuat, suport di kisaran gap 4575 – 4579 akan menjadi suport pertama untuk pergerakan IHSG hari ini. Kisaran gap di 4598-4613 tetap akan menjadi resisten. IHSG hanya akan bergerak bervariasi. Jika suport di 4575 – 4579 gagal bertahan, suport selanjutnya pada IHSG berada pada kisaran 4450 – 4500.

Sentimen negatif dari krisis Ukraina sebenarnya sangat minim. Sentimen negatif dari neraca perdagangan Januari yang defisit, terlihat mampu dinetralisir. Pemodal sebaiknya tetap mengambil posisi Buy On Weakness untuk mengantisipasi sentimen Pemilu.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: