Hari terakhir di long weekend…*


Selamat pagi…

Alhamdulillah… pagi ini saya masih di Maribaya.  Biasa.. kunjung anak yang sedang boarding.  Tapi… godaan untuk sedikit bikin market comment… hehehe.. benar-benar terlalu besar untuk dilewatkan.

Hari Jumat kemarin… saya memang mengurangi sedikit posisi.  Dari 130% menjadi sekitar 85%. Saya itu orang yang paling males kalau liburan panjang saya harus terganggu oleh ‘stress’-nya market.  Ya.. kalau ternyata market naik.. berarti memang nanti saya harus ‘kejar-kejaran’ ketika market buka lagi nanti.  Tapi.. itu kan ‘nanti’ … yang penting hari-hari ini… pikiran saya bisa lebih tenang.

Saya kemarin jualan.. setengahnya juga karena saya melihat Hang Seng sudah mencapai retracement 50% di kisaran 22.000-22.100.  Sampainya Hang Seng di kisaran resisten ini.. membuka kemungkinan indeks ini bakal konsolidasi pada beberapa hari kedepan.  Kalau HSI tiba-tiba hari ini ditutup dibawah 22.000 aja deh… berarti mereka ada reversal signal.. kelar deh.

Selain itu.. Dow Jones Industrial (DJI) juga cenderung gak kemana-kemana.  Terlebih… selama seminggu kemarin, ‘tail’ atas dari candlesticknya terlihat panjang-panjang.  Artinya: ada kekhawatiran dari pelaku pasar yang membuat tekanan jual selalu terjadi… membuat indeks ini selalu gagal ditutup di level tertinggi.  Selalu ada yang jualan sebelum tutup.  Itu yang membuat saya juga gak comfortable.

So… sentimen IHSG yang dominan… adalah sentimen Pemilu.  Yang saya tahu.. kalau Pemilu.. sentimennya positif.   Artinya: kalau harga turun, saya akan beli.   Jualannya nanti kalau sedang ada euphoria.  Meski.. saya juga tahu bahwa saya harus realistis.  IHSG tidak akan ditarik terus naik dalam garis lurus sampai Pemilu Presiden nanti.  Sudah gitu… Kalau pemilu nanti ternyata kenaikan IHSG tidak akan setinggi ketika Jokowi menerima pencalonan PDIP kemarin… saya juga sudah siap.  Jangan terlalu senang … jangan terlalu hopeless juga.  Woles saja Bro…

Ok… saya mau balik lagi ke Jakarta niy… katanya sih… dimana-mana macet.   Santai…. sambil.. eh.. siapa tahu.. HSI nanti ditutup dibawah 22.000 … kan berarti saya nanti bisa bermacet-macet sambil happy…😀

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

