Menanti sentimen baru…*


Zelamat PaGee dari PT Universal Broker Indonesia, 5 Mei 2014

Selamat pagi…

Sentimen positif dari data-data ekonomi Amerika, ternyata gagal membuat indeks Dow Jones Industrial (DJI) bergerak naik. Pada hari Jumat kemarin, indeks ini terkoreksi 45,98 poin (-0,28 persen) sebelum akhirnya ditutup pada level 16.512,89. Koreksi DJI tersebut signalnya tidak terlalu bagus karena posisi penutupannya dibawah suport pertama di 16.525. Kondisi tersebut, membuat indeks dari bursa di kawasan Asia cenderung bergerak bervariasi pada pagi hari ini. Pelaku pasar di kawasan Asia masih menunggu data manufaktur China yang akan dipublikasikan jam 8.45 nanti.

Minimnya sentimen dari bursa regional ini, diperkirakan masih akan membuat pelaku pasar di Bursa Efek Indonesia, lebih berfokus pada sentimen dalam negeri. Padahal, dari dalam negeri, sentimen perdagangan juga terlihat masih mixed: data-data ekonomi yang dipublikasikan akhir minggu kemarin, sebenarnya sentimennya cenderung positif. Akan tetapi, buruknya kinerja emiten ditambah dengan minimnya perkembangan terbaru dari sentimen pilpres, diperkirakan akan membuat IHSG cenderung bergerak bervariasi pada kisaran sempit 4835 – 4860. IHSG saat ini sedang berada dalam trend naik jangka pendek. Hanya penutupan dibawah 4835 yang akan mengakhiri trend naik jangka pendek yang tengah berlangsung.

Minggu ini, pemilu presiden mencapai tahapan penting yaitu dengan adanya pengumuman hasil rekapitulasi resmi penghitungan suara pemilu legislatif. Tahapan ini menjadi penting mengingat jumlah suara yang didapat oleh masing-masing partai, bakal menentukan proses pencalonan presiden dan wakil presiden yang akan dilakukan. Secara umum, sentimennya cenderung positif. Akan tetapi, karena hingga saat ini belum terlihat adanya perkembangan yang pasti, pasar sepertinya memang masih akan dalam mode wait and see.

Trend jangka menengah IHSG, saat ini adalah trend mendatar dengan kisaran suport di antara level 4625 – 4750, dan resisten diantara kisaran 4900-5100. Buy on weakness atas posisi jangka menengah, sebaiknya hanya dilakukan pada emiten yang berhasil meraih kinerja 1Q2014 diatas ekspektasi.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: