Hasil #Debatcapres2 : #JokowiEffect tidak sekuat minggu lalu…*


Selamat petang…

Selama pemilu ini, kita mengenal adanya Jokowi Effect: IHSG yang cenderung menguat ketika elektabilitas Jokowi meningkat, dan cenderung melemah ketika elektabilitas Jokowi memburuk.

Nah.. karena saat ini kita memasuki masa debat capres, maka hasil dari debat capres, turut mempengaruhi IHSG.  Minggu lalu, kita sempat 2 hari bergerak naik setelah debat capres yang dimenangkan secar telak oleh Jokowi.. sebelum akhirnya market kembali dihajar oleh sentimen Piala Dunia.  Bagaimana pergerakan IHSG untuk minggu depan?

Well…  kalau anda mau bilang Prabowo menang 5-0, 7-0, atau 10-0… itu memang hak anda.  Tapi.. kalau besok IHSG koreksinya tidak diatas 2%..  itu berarti anda memang sudah terjebak dalam subyektifitas anda… kalau enggak malah anda cenderung ngawur.

Debat capres malam ini… sepertinya memang milik dari Prabowo.  Jokowi yang kelihatan tegang di sekitar 10 – 15 menit awal debat, sepertinya terlalu banyak memberikan angin kepada Prabowo.   Kesuwen olehe mikir.  Baru setelah kasus ‘ TPID ‘ … Jokowi terlihat berhasil mengejar ketertinggalan.  Tapi.. skor untuk malam ini, memang ketat… mirip seperti 4-3 untuk Prabowo… kalau gak malah 5-4 untuk Prabowo.

Intinya: sentimen positif dari Debat Capres kedua ini, sepertinya tidak sebesar seperti yang ada pada Debat Capres Pertama.  Dibilang sentimen positif.. yah… dikit.  Dibilang sentimen negatif.. ada.. tapi tetap tidak terlalu besar.  Dari sini.. pergerakan IHSG sepertinya tetap akan flat.  Kalaupun naik, sepertinya tetap berat bagi IHSG untuk bisa kembali diatas level psikologis 5000.  Tapi.. kalaupun turun, sepertinya juga sulit untuk bisa mencetak level terendah baru dibawah suport 4875.

Semua tergantung fund flow asingnya juga siy…dimana hari Jumat kemarin.. karena sentimen Piala Dunia masih dominan, mereka tetap dalam posisi net sell meski jumlahnya sudah mulai tidak terlalu besar.  Tapi.. kalau diawal minggu nanti asing masih jualan, berarti IHSG juga tetap masih sulit untuk berkembang.

Saya.. kemarin full power berharap Jokowi bisa mengulang kemenangannya seperti pada saat debat pertama.  Tapi.. saya juga harus realistis bahwa kalaupun masih bisa naik, IHSG sulit untuk bisa naik besar.  Bagusnya.. kisaran pergerakan IHSG hari Jumat kemarin sempit, hanya 4918 – 4929.  Sehingga… saya bisa memiliki stoploss yang pendek… itu kalau saya pingin exit dulu.

Dilain sisi… setelah penembusan resisten 4948 pada minggu kemarin… trend jangka menengah IHSG sebenarnya sudah berubah menjadi trend naik dengan potensi kenaikan hingga kisaran 5100-5200.

So… kalau ternyata suport 4918 ditembus, yang jelas… saya bukanlah fans dari ‘bertahan full power ketika market bergerak turun’.  Artinya.. kalau suport 4918 ditembus, ada kemungkinan saya akan ayun posisi.  Tapi gimana ya? Suportnya pendek bener..

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: