Heboh #Saham $BHIT?? Ah… itu hanya pencitraan….*


Selamat siang…

Maap…  buru-buru mau Jumatan ini… Jadi.. saya hanya sharing dulu pola pikirnya…. garis besarnya… terkait dengan berita adanya rekening Tanoesoedibjo – Prabowo Hatta atas saham BHIT senilai 700 miliar lebih.

Intinya begini:

1.  Pada kemungkinan pertama, posisi itu hanya sekedar pencitraan untuk mendapatkan kesan bahwa ‘Prabowo-Hatta adalah investor saham di Bursa Efek Indonesia’.

Mengapa?

  • Lihat nama account.  Prabowo – Hatta kan baru dideklarasikan beberapa waktu yang lalu.  Apakah mungkin itu posisi investasi yang lama? Dari nama rekeningnya.. itu rekening kemarin sore.

2.  Kalau pertanyaannya adalah begini: Apakah kepemilikan saham tersebut bermanfaat terahadap pergerakan harga?

Jawaban saya : Jelas tidak bermanfaat kepada pemodal yang lain… karena transaksinya di pasar nego.. bukan di pasar reguler.

3.  Kalau pertanyaannya adalah: Apakah itu bisa dijadikan jaminan bahwa IHSG tidak akan ambruk kalau Prabowo terpilih sebagai Presiden?

Jawaban saya:   Emang BHIT itu.. saham yang pergerakannya ikut IHSG? atau tidak ikut IHSG?  Saham Pasar atau saham Gorengan?  Saya kira.. kalaupun IHSG ambruk.. BHIT juga belum tentu jatuh,

4.  Bagaimana pengaruh kepemilikan tersebut terhadap Bursa Saham secara keseluruhan?

Jawaban saya: Ya… kalau nanti saham BHIT dan kelompoknya dimainkan.. ya tentu ada pengaruhnya.  Tapi.. kita harus make sure dulu.. itu saham tujuannya untuk apa.

  • Kalau statusnya adalah sebagai ‘pinjaman dari Harry Tanoe untuk keperluan pencitraan’.. jelas tidak ada pengaruhnya
  • Kalau statusnya adalah sebagai ‘sumbangan dana kampanye dari Harry Tanoe’.. berarti itu baru bermasalah jika sahamnya kemudian dilepas ke market.  Tapi. bisa juga pada skenario ini, saham tidak dilepas ke market, tapi hanya direpokan.. kalau ini yang dilakukan, pengaruh ke marketnya juga tidak ada.
  • Yang paling bagus, adalah jika dana tersebut… digunakan untuk melawan Jokowi Effect.  Selama ini.. harga saham kan cenderung turun jika elektabilitas Prabowo naik.  Kalau dana tersebut kemudian digunakan untuk menyangga market ketika elektabilitas Prabowo meningkat.. ya jelas bagus untuk market.  Cuman.. untuk menyangga seperti ini.. duit 1 tr juga kurang.  Mungkin butuh sekitar Rp 3 – 10 tr.

Sementara itu dulu..

Saya pamit Jumatan.  Nanti saya sambung lagi.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON.  Ini hanya pendapat pribadi.

Comments
4 Responses to “Heboh #Saham $BHIT?? Ah… itu hanya pencitraan….*”
  1. 10 triliun yo kurang Tom, mungkin sekitar 20 triliun keatas. Kalau fund2 manager asing buang saham yo duit untuk menyangga IHSG yo gede banget.

    • Satrio Utomo says:

      Betul Mas… Hehehe…. Itu hanya untuk naikin market dengan asumsi asing tidak buang. Kalau asing buang… ya butuh dana lebih besar dari itu.

      Wassalam,
      Tommy

  2. budi hartono says:

    pak tommy, saya mau nanya apakah di terminal bloomberg bisa kelihatan semua daftar pemegang saham yang di bawah 5% , seperti yang ada di BHIT kemarin?

    • Satrio Utomo says:

      Pak Budi…

      Saya sudah lama ndak punya akses ke terminal Bloomberg pak..Inget saya.. dulu mereka memang sumbernya dari mana-mana sehingga data mereka bisa jauh lebih lengkap.

      Wassalam
      Satrio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: