Bersiap menghadapi kemungkinan terburuk…*


Selamat pagi…

Semenjak kemarin sore… saya sudah merasa bahwa Pilpres kali ini, hasilnya bakalan close-call.. terlalu dekat jaraknya sehingga sulit untuk diprediksi.  Itu sebabnya, saya memutuskan untuk tidak punya posisi terlalu banyak.  Hasilnya, ternyata sesuai dengan perkiraan.  Selisihnya tipis.  Lembaga-lembaga survei yang kredibel, yang sudah memiliki track record yang sangat jelas, jelas pasti menyebutkan Jokowi sebagai pemenang pemilu ini.  Akan tetapi… Prabowo nekad menyatakan diri (ikut) menang pemilu… dengan dasar hasil survei dari tiga lembaga(katanya empat… tapi tadi sore saya lihat masih 3).  Hasil dari dua lembaga survei, selisih kemenangan Prabowo cuman sekitar 1%.  Artinya.. dengan margin error 1%.  Dua lembaga itu sepertinya bakalan error.  Nah.. dari sebuah lembaga survei yang.. yah.. ini deh websitenya Puskaptis.  Terlebih lagi.. Puskaptis punya track record untuk ‘tidak memilih Jokowi’ ketika Pilkada DKI kemarin.  Menurut anda… apakah itu sebuah lembaga yang kredibel?

Kalau pake bahasa trader itu.. kita biasa bilang begini: sebuah posisi untung itu, belum bisa dibilang untung sebelum posisi itu dijual.  Atau.. kalau dalam bahasa pilpres ini: seorang calon belum bisa disebut menang.. sebelum musuhnya menyatakan diri telah menyerah, atau sudah dinyatakan menang oleh wasit.

Kesalahan terbesar dari PDIP, adalah bahwa mereka sudah proklamasi kemenangan, padahal lawannya belum menyatakan bahwa diri mereka kalah.  Wasit.. dalam hal ini KPU.. juga baru akan menentukan siapa yang menang pada tanggal 22 Juli 2014 nanti.  Masih lama bo…  hampir 2 minggu lagi.  KPU itu lembaga negara.  Dan… kepala negara kita adalah SBY.  Anda yakin SBY netral?

Kondisi ini diperparah oleh pendukung Jokowi yang sudah mulai berpesta.  Terus ditambah dengan twit Prabowo tidak lama tadi :

Jangan mengira bahwa kita bisa diinjek-injek, pada saatnya kita berdiri untuk menegakkan kebenaran.

Hehehe… Ramai.

Satu hal yang menjadi catatan saya adalah:

Pernyataan kemenangan oleh kedua belah pihak, telah memberikan ketidakpastian baru untuk pasar modal…

Problemnya: ketidakpastian ini, sering kali diartikan oleh pemodal asing dalam empat huruf: J U A L .

So… kalau anda membaca di berbagai media online kalau Jokowi menang… meskipun juga saya yakin bahwa lembaga survei itu tidak salah… ada baiknya anda bersiap menghadapi kondisi yang terburuk.  Sebaiknya.. kurangi keinginan anda untuk langsung ‘hajar kanan’ ketika pre-opening besok.  Ada baiknya kita lihat dulu kondisi market barang beberapa saat, sebelum kita memutuskan bagaimana posisi kita sebaiknya.

Saya sih akan lebih cenderung untuk pasang jemuran.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: