Katanya Saham Syariah… Kok Gorengan juga ya?* (Part 1)


Selamat pagi…

Terus terang… semenjak pertama kali Bursa dan OJK melakukan kampanye terhadap saham syariah, saya saya termasuk yang mensikapinya dengan sangat hati-hati.  Mengapa? Karena hati kecil saya.. sebenarnya memang masih gak terima.  Saya gak terimanya gini:

140713 Islam vs Capital Market

Orang yang berinvestasi di saham syariah itu, berarti mereka harus memfokuskan investasi mereka pada saham-saham yang ada dalam Daftar Efek Syariah.  Problemnya: Emang list itu isinya apa? Apakah list itu bebas dari saham gorengan?  Bagi saya, list itu sebenarnya tidak bebas dari saham gorengan.  In fact: saya curiga bahwa Kampanye Saham Syariah ini, kemudian digunakan oleh para bandar-bandar/market maker, untuk menjerat pemodal pemula yang lugu (yang kebetulan ingin melakukan investasi berdasarkan etika/ethics investment) kedalam permainan mereka!

Jelas saya gak terima!!!

Gini aja deh… Unusual Market Activities (UMA) adalah alat yang digunakan oleh Bursa Efek Indonesia, untuk mencari saham-saham yang pergerakan harganya ‘tidak normal’.  Istilahnya: Saham yang ‘terindikasi mengalami gorengan’… bakal terjerat dalam UMA.  Realitanya: Selama periode 2008 – 2013… lebih dari setengah saham terkena UMA.. itu adalah saham-saham syariah.

140713 Sebagian Besar Terindikasi Saham Gorengan adalah Saham Syariah

Kalau anda adalah seorang Islam niy… Dan kebetulan anda adalah penggiat dari Pasar Modal di Indonesia.  Apakah anda terima, kalau sebagian besar saham UMA ini adalah saham syariah?

Sekedar mengingatkan:

Karena itu melakukan amar ma’ruf nahi munkar itu, adalah kewajiban bagi setiap muslim.

Hai anakku, dirikanlah salat dan suruhlah manusia mengerjakan yang baik dan cegahlah mereka dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).” (Luqman 17)

Karena setiap Muslim itu… harus berpesan-pesan dalam kebajikan.

Demi masa (1) Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian (2) Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (Al Asr 1-3).

Pertanyaan berikutnya adalah:

Apakah UMA itu? Mengapa UMA disebut sebagai ‘bisa menangkap’ aksi dari saham gorengan’?

Saya lanjutkan pada bagian berikutnya ya… sementara saya akhiri dulu bagian pertama ini…

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

