Katanya saham syariah… Kok gorengan juga ya? (Part 2)


Selamat pagi…

Pertanyaan yang muncul dari bagian pertama tadi… adalah sebagai berikut:

Apakah UMA itu? Apakah Saham Gorengan itu? Mengapa UMA disebut sebagai ‘bisa menangkap’ aksi dari saham gorengan’?

Kita bahas satu per satu ya…

Apakah Unusual Market Activity (UMA) itu?

Sesuai dengan amanat Undang-undang Pasar Modal, tujuan dari Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah menyelenggarakan perdagangan yang teratur, wajar, dan efisien.  Guna mendukung terjadinya perdagangan yang wajar, teratur, dan efisien ini, BEI kemudian membuat mekanisme-mekanisme untuk melakukan pengawasan perdagangan.  Salah satunya adalah Unusal Market Activity ini.

Secara definisi…

Unusual Market Activity (UMA) adalah aktifitas perdagangan dan/atau pergerakan harga suatu Efek yang tidak biasa pada suatu kurun waktu tertentu di Bursa yang menurut penilaian Bursa dapat berpotensi mengganggu terselenggaranya perdagangan efek yang teratur, wajar dan efisien.

Saham yang terjerat UMA ini, tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran di bidang pasar modal.  Saham yang terjerat UMA ini, hanya karena terjadi pergerakan harga (bisa kenaikan atau penurunan) atau peningkatan volume perdagangan yang cukup luar biasa (sayangnya, standarnya tidak terbuka karena BEI sengaja merahasiakannya agar tidak dimanfaatkan untuk keuntungan pihak pihak tertentu… terutama pihak penggoreng.. hehehe).

Kenaikan atau penurunan harga yang terjadi saat UMA ini, Terhadap saham yang terkena UMA ini, BEI sering kali kemudian mengirimkan surat kepada Emiten, untuk bertanya; ada apakah gerangan? Jawaban emiten lebih sering basi: tidak ada apa-apa.

Hehehe… kita kadang juga bisa lihat kok.. kalau saham kena UMA itu sebagian juga karena rumor atau rekomendasi.  Tapi sepertinya, BEI atau OJK tidak pernah mendalami sampai kesini.  At least.. saya tidak pernah dengar ada orang atau trader yang diperiksa oleh BEI atau OJK yang dipanggil karena menjadi penyebarnya.

Apakah ‘Saham Gorengan’ itu?

Tidak ada definisi yang resmi mengenai apa itu saham gorengan.  Akan tetapi, kalau anda sudah pernah melihat tulisan saya sebelumnya tentang saham gorengan ini, anda pasti sudah paham bahwa yang saya maksud sebagai saham gorengan disini adalah saham, yang pergerakan harganya, diatur oleh pihak-pihak tertentu.  Tujuan dari penggorengan saham ini, bisa bermacam-macam.  Sebagian hanya agar saham tersebut aktif ditransaksikan, untuk menciptakan likuiditas.  Biasanya ini dilakukan agar saham tersebut menarik untuk Repo.  Tujuan yang lain, adalah agar pihak tersebut memperoleh keuntungan.  Nah.. yang kedua ini yang lebih gawat.

Mengapa UMA bisa mendeteksi Saham Gorengan?

UMA itu terjadi pada saham yang mengalami kenaikan atau penurunan tajam, yang didampingi oleh peningkatan volume perdagangan.

Nah.. saham gorengan itu… biasanya pergerakan harganya identik dengan apa yang disebut sebagai pump and dump.  Pump and dump ini adalah sebuah perilaku perdagangan yang bisa digolongkan sebagai scam.. penipuan.  Secara Syariah, perilaku ini juga tergolong sebagai praktek perdagangan yang dilarang.

Pump and Dump ini… pergerakannya dilukiskan pada gambar berikut ini:

140713 Pump and Dump

 

Nah.. peran dari UMA ini, adalah untuk menangkap saham yang sedang mengalami PUMP, selain juga saham yang mengalami DUMP.

Benarkah UMA bisa menangkap pergerakan harga dari saham syariah yang seperti itu? Tidak semuanya sih…   Dari 200 saham syariah yang tertangkap UMA selama periode 2008 – 2013… ternyata hanya 89 saham yang memiliki pergerakan saham seperti itu.  Dimana harga bergerak dari titik awal… mengalami kenaikan yang luar biasa, tapi kemudian kembali ke titik awal lagi.

Apa implikasinya bagi pelaku pasar modal seperti kita?  Apa implikasinya bagi kita semua? Apa yang harus kita lakukan agar pemodal saham syariah tidak terjebak oleh perilaku ini?

Nantikan bagian ketiga dari tulisan ini.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: