Weekend Notes: Wis Keroso Penak?*


Selamat petang…

Bagaimana??? Wis keroso penak? Sudah terasa enak?  Kalau melihat pergerakan indeks Dow Jones Industrial (DJI) pada hari Jumat yang naik hampir 1%…. orang-orang yang nyangkut atau sudah belanja… pasti akan merasa sedikit lega.  Mereka yang belum belanja… mungkin akan menyesal: waduh… tahu gitu beli… hehehe… benar begitu?

Saya sih belum belanja.  Tapi saya tidak menyesal.  Mengapa? Karena saya melihat bahwa IHSG hanya bisa mengakhiri trend turunnya, kalau tekanan jual dari pemodal asingnya sudah berakhir.. atau minimal berkurang drastis.   Kalau cuman DJI tembus resisten… hehehe.. DJI belakangan kan sehari naik sehari turun.  Sedang tidak bisa dibuat patokan.  Lagian.. adanya weekend.. sering kali menetralisir sentimen yang ada dari indeks DJI di regional Asia.  Emang ngaruh gitu?

Saya sih … mau lihat market Senin barang 5 – 15 menit dulu.  Kalau asing jadi posisi net buy… atau minimal net sellnya dibawah 25 miliar dalam 15 menit… mungkin saya akan positioning.  Tapi.. jika asing masih net sell diatas 25 miliar dalam 15 menit… ya jelas saya duduk manis saja.  Akibat lompatan harga yang terjadi pada hari Jumat pagi.. resisten IHSG besok berupa kisaran gap yang lebar: 5143 – 5180.  Kalau sudah begitu.. kalau kita sudah posisi beli sejak pagi,  kita masih harus menunggu setidaknya IHSG ditutup diatas 5180 untuk bisa mengambil posisi beli simpan.

Tekanan jual dari pemodal asing… kan tidak hanya nongol hari Jumat kemarin.  Kalau kita cermat.. kita kan bisa melihat kalau tekanan jual yang ada.. sudah terjadi semenjak 9 September 2014.. sebelum urusan The Fed muncul.  Jadi tidak ujug-ujug tiba-tiba gara-gara DPR kemarin itu….  tapi … karena banyaknya ketidakpastian menjelang pelantikan Presiden baru.. yang membuat pemodal asing terus jualan.  Sentimen negatif ini.. menurut perkiraan saya.. baru akan hilang sekitar H minus 14 hingga H plus 14 dari pelantikan Presiden Baru.  Masih lama sepertinya.

So… Kalau besok tekanan jual ini sudah ilang? Ya sudah … berarti memang waktunya untuk beli.  Tapi.. saya sih tenang saja.. woles.. selow… saya mau lihat market barang 5 – 15 menit untuk memastikan kemana arah angin berhembus.

Semoga anginnya tidak bau… Hehehe….

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

