Jangan membuat ‘Kondisi Politik’ sebagai alasan…*


Selamat pagi…

Sebenarnya… asal muasal dari semuanya.. boleh dikatakan saya adalah penyebabnya. Pada sekitar pertengahan bulan September kemarin.. saya mengangkat ‘sentimen pemilu’ sebagai penyebab dari koreksi IHSG. Saya ketika itu memang agak iseng: gak ada berita.. tapi IHSG koreksi.. yang ada hanya aksi Koalisi Merah Putih lagi ngapain gitu. Tapi biasa: karena saya sedang usil.. saya kemudian bilang bahwa sentimen itu yang bikin IHSG turun. Hehehe. Kemudian… semua orang rajin bilang bahwa IHSG turun karena sentimen politik.

Kejadian itu kemudian berlanjut hingga hari ini. Ketika konflik politik terus memanas.. orang kemudian menuding konflik politik sebagai penyebab dari penurunan IHSG. Tapi.. apakah benar seperti itu?

Hehehe…

Aturan utama saya dalam trading (dan juga dalam memprediksi pergerakan harga) adalah: JANGAN PERNAH MENGGUNAKAN VARIABEL YANG TIDAK BISA DIKUANTIFISIR SECARA PASTI DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN!!!

Contohnya begini: kalau pertanyaannya adalah: bagaimana kondisi politik hati ini??? Kita bisa menjawab: bagus, biasa, atau jelek. Tidak ada angka yang jelas.. sehingga semua terlihat rancu.. membingungkan. Sekarang: kalau pertanyaannya adalah: berapa koreksi IHSG?? Kita akan mudah untuk menjawab dengan jawaban: Pada hari xx jam yy, IHSG terkoreksi 2%. Titik. Jelas kan? IHSG turun.. dengan besaran yang terperinci.

Ini yang membuat saya.. sebenarnya selalu menghindarkan diri dari pola pikir dimana IHSG bergerak turun karena sentimen politik!!!

Cobalah cari variabel yang lain!

Saya menemukan variabel lain ini pada aliran dana asing di pasar reguler. Anda lihat deh di materi presentasi outlook saya untuk bulan Oktober. Disitu saya sudah mention bahwa aliran dana asing sudah mulai berada dalam posisi net sell semenjak tanggal 9 September 2014 yang lalu. Dari pengamatan lanjutan saya.. aliran net sell asing ini terus meningkat. Seminggu terakhir bahkan.. net sell asing di pasar reguler ini rata-ratanya sudah melewati angka Rp 500 miliar. Ketika sentimen regional memburuk tapi sentimen politik relatif netral.. asing net sell Rp 500 miliar. Kalau sentimen politik memburuk tapi Dow Jones naik.. asing net sell Rp 500 miliar. Stabil.

Apakah net sell asing Rp 500 miliar sehari itu besar? Kalau kita melihat pergerakan IHSG dalam seminggu terakhir.. net sell sebesar itu sebenarnya masih bisa diatasi oleh fund-fund lokal yang cukup besar. Jadi.. IHSG mungkin turun pelan-pelan… tapi masih bisa naik juga.. meski hanya tipis.

Problem kemudian muncul.. ketika sentimen regional sedang jelek, plus ditambah dengan sentimen politik yang memburuk!! Itu yang terjadi pada hari ini.. dan hari Senin atau Jumat kemarin.. dimana aksi jual pemodal asing di pasar reguler bisa mencapai Rp 1,4 trilyun!!

So… kalau orang lain ketakutan melihat keruwetan politik yang ada dan mengkaitkan koreksi IHSG dengan kondisi politik.. saya sih males mendengarkan. Semakin saya mendengarkan.. maka keputusan trading saya.. menjadi semakin tidak rasional. Saya cenderung hanya melihat aksi jual dari pemodal asing. Kalau mereka agesif.. ya saya menepi. Duduk dulu di pojokan sambil mengatur nafas… mengatur tenaga. Kalau aksi jual mereka turun, ya berarti IHSG bisa naik.. teknikal rebound.. entah sekedar untuk dead cat bounce.. atau untuk reversal.

Sudahlah.. sekeras-kerasnya anda membahas tentang politik di FB atau Twitter.. IQ dari Megawati juga tidak akan berubah. Mendingan kita melakukan hal-hal lain yang lebih berguna.

Jangan biarkan hal-hal yang tidak jelas mempertakut perjalanan trading anda!!!

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

Kita sholat Ashar dulu yuuk… sudah adzan niy….

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

