Meleng dikit.. langsung kena gampar..*


Selamat pagi…

Market itu memang lucu banget. Market itu seekor mahluk yang sangat ‘demanding’, yang selalu minta perhatian, sehingga konsentrasi kita sering tidak boleh teralihkan sedikitpun. Serese-resenya pasangan hidup anda.. market jauh lebih rese deh.. hehehe. Intinya mungkin seperti itu.

Seorang trader itu.. terutama seorang trend follower seperti saya… harus bersedia untuk mengikuti apapun juga kemauan dari market. Beli ketika mau naik.. jual ketika mau turun. Disiplin. Gak boleh ngelawan deh pokoknya. Meski.. kadang juga kita boleh ngelawan asal tahu akibatnya.

Kita tidak boleh ‘Jumawa’ … besar kepala sedikit… sering kali langsung PLAK!!! Muka kena tampar.

Itu yang terjadi pada saya hari ini. Dalam trading plan saya… saya tahu bahwa saya hanya akan belanja kalau IHSG masuk range suport 4950-5050 dan DJI masuk range suport 16600-16700. Akan tetapi… karena kemarin posisi saya benar di WIKA (saya masuk di 2615 dan sempat jual di 2695) dan INTP (masuk di 215xx, saya bahkan sempat lepas INTP di 21825 dan baibek di 21675)… saya jadi ke-pede-an: Ketika closing session, saya memutuskan untuk menambah posisi.. meski IHSG ditutup dibawah resisten 5143.. SAYA TETAP MEMPERTAHANKAN POSISI SAYA!!! Bahkan… SAYA MENAMBAH POSISI DARI 1/3 JADI 2/3!!! Hehehe…

Yah.. yang sering siy.. saya memang bisa lolos. Minimum dengan kerugian kecil.. saya bisa lolos. Ketika tanggal 24 September kemarin misalnya.. saya bisa lolos dengan kerugian kurang dari 0,7 persen. Akan tetapi… saya juga sadar bahwa tidak selamanya saya bisa selalu lolos. Seperti apa.. yang mungkin terjadi hari ini.

Ah.. manusia hanya bisa berusaha.. dan terus belajar dari kesalahan.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: