15.45*


Selamat sore…

Dalam trading plan saya.. hari ini saya mau belanja. Saya mau belanja karena IHSG sudah memasuki kisaran suport di 4950 – 5000 yang menurut perkiraan saya.. adalah suport yang cukup kuat. Problemnya: karena saya terburu-buru… saya belanjanya pagi. Hehehe. Jadi.. sore ini.. posisi saya sudah agak nyangkut… meski belum terlalu dalam. Saya belanja baru sekitar 50% dari porto.

Sekarang gini… emang IHSG turun karena kondisi politik memburuk? Hehehe… kemarin saya juga sudah bilang kalau itu hanya bikinan analis. Sentimen politik memang memperburuk sentimen. Tapi.. sentimen sebenarnya.. ada pada pergerakan indeks regional. dimana pemodal asingmelepas posisi.. karena regionalnya memang jelek.

Nah.. terkait dengan indeks regional itu.. HSI hari ini.. signalnya juga sudah cukup bagus.Dibuka dibawah low sebelumnya.. tapi ditutup diatas half candle. Signalnya terlihat cukup menjanjikan. Dow Futs juga naik diatas 50 poin.

Cuman ya gitu.. gak tau ini forced sell atau apa.. tapi sejak pagi.. pemodal lokalnya terlihat gemeteran terus. Net sell asing sebenarnya jauh berkurang, dari 1,4 tr kemarin.. jadi sekitar 700-800 miliar hari ini. Penurunan tajam dari net buy asing seperti ini…. biasanya membuat IHSG bergerak naik. Lha ini IHSG kok malah running di bawah suport 4950.

So.. Jika IHSG ditutup dibawah 4950.. IHSG memang memiliki potensi koreksi hingga 4800-4850. Tapi.. saya hari ini memilih untuk mengambil posisi contrarian. Saya tetap nahan posisi, meski IHSG memiliki peluang untuk ditutup dibawah suport. Kalau kita mau ngomong positif… ASII juga sudah kena target jangka pendek saya di 6300 – 6500.. dengan candle yang berpotensi hammer. INCO juga sudah rebouynd setelah kena target H&S di 3400-3500.. dan masih banyak lagi. Intinya: trend masih turun.. tapi saya melihat kemungkinan perlawanan di bursa regional.. plus.. kalau memang tekanan jual ini adalah forced sell.. yah.. siapa tahu ini bisa menjadi bottom pergerakan IHSG jangka pendek.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo


*disclaimer ON

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

