Asing brenti jualan.. Beneran Niy?*


Selamat pagi…

Kondisi bursa regional yang membaik… telah telah membuat IHSG pagi tadi dibuka di kisran resisten 4975 – 4980. Sempat menguat hingga 4990, tapi lemahnya aksi beli asing.. telah membuat IHSG akhirnya kembali lagi di sekitar posisi penutupan kemarin, disekitar 4950.

Satu hal yang cukup menggembirakan, adalah berhentinya aksi jual asing… setidaknya hingga jam 9.53 pagi hari ini… dimana pemodal asing berada dalam net buy tipis sekitar Rp 29 miliar.

Yang sudah running diatas resisten (dengan kecenderungan reversal).. baru saham-saham penggerak IHSG kelas dua seperti UNTR, INTP, dan SMGR. Saham penggerak indeks utama seperti BBRI.. meski dibuka di resisten 10200.. tapi saat ini running dibawah posisi pembukaan. Saham-saham sektor konstruksi malah cenderung bergerak turun akibat dari pemodal asing yang masih cenderung berada pada posisi jual pada saham-saham sektor tersebut.

Hehehe… kalau IHSG berhasil ditutup diatas 4980 hari ini.. IHSG berarti trend turun IHSG berakhir. Kalau asing hari ini benar-benar net buy sampai nanti sore.. berarti asing memang hanya melihat regional.. tidak melihat sentimen politik!

Asing itu hanya berhenti jualan… kalau hingga sore hari nanti.. mereka tidak jualan. Jadi.. itu semua berarti.. posisi dari asing baru terlihat setidaknya hingga nanti sore. Kalau mereka tiba-tiba muncul jualan… ya sudah.. berarti memang mereka masih jualan. Tapi.. kalau mereka tetap dalam posisi beli.. berarti mereka memang sudah mulai berbalik… mengakhiri aksi jualnya.

Itu sebabnya… kita hanya bisa menunggu hingga nanti sore untuk posisi beli simpan. Itu sebabnya.. saya hanya mau full posisi sore ini.. kalau saya melihat IHSG reversal.. dan HSI kenaikannya tidak lebih dari 2%… dan asingnya sudah resmi berhenti jualan.

Semoga sudah kelar beneran deh….

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo


*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: