Kalau ada ‘potensi reversal ketika kita gak bisa lihat market’ … itu namanya ‘nasib’*


Selamat pagi…

Mungkin anda sudah baca ulasan saya yang barusan.. dimana saya terlihat galau.. males banget untuk disiplin.

Yang pertama, mungkin karena harga rebound sebelum harga tersebut memasuki kisaran suport saya.

Akan tetapi, saya juga sedang adanya ‘halangan’ dimana dua hari kedepan, saya bakal tidak bisa melihat market.   Saya ada acara sedikit di Bandung.. yang membuat saya hampir tidak mungkin untuk berkonsentrasi penuh kepada market.  Terutama.. hari Jumat… ngintip sesi pertama aja.. saya gak bisa lihat.  Hadeeeh…  Artinya: kalau saya positioning hari ini.. saya harus bisa berhitung harganya hingga sampai nanti hari Jumat sore.. atau bahkan hari Senin. Kalau saya salah bereaksi hari ini.. bisa berantakan.

Padahal..

  • DJI sedang sangat volatile dalam trend turun.
  • Market dalam negeri, penggeraknya baru pemodal lokal.
  • Bisa aja ada ‘Jokowi Effect’.  Tapi sudah beberapa kali.. Jokowi Effectnya hanya PHP. Pemberi Harapan Palsu.
  • Melihat market bergerak hari ini saja.. saya kok curiga kalau IHSG hanya bisa naik sampai hari Jumat. Itupun kalau IHSG bisa ditutup diatas 4950 hari ini.  Kalau tidak bisa… ya berarti kita harus siap kalau DJI koreksi lagi nanti malam.. dan IHSG benar-benar mengejar kisaran suport saya di 4875 – 4900.

So… kalau sudah seperti itu… namanya memang ‘nasib’.  Kalau sudah nasib begini… saya hanya bisa bilang: nanti ada kesempatan yang lain deh. Ketika sudah ‘nasib’.. itu berarti saya harus menikmati keterbatasan saya sebagai seorang manusia.

Minimal hari ini saya sudah memperoleh pelajaran berharga.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

