Koreksi saham Batubara: Mau sampai dimana?*


Selamat siang…

Kalau melihat harga saham-saham batubara (terutama ITMG, UNTR, dan PTBA) yang meluncur turun…  pertanyaan anda pasti hanya satu: pak.. ini mau turun sampai dimana?

Kalau anda bertanya kepada saya… Jawaban saya adalah begini:

Yang pertama… kita harus melihat internal pergerakan harga dari saham-saham batubara tersebut.

  • Target dari triangle di ITMG .. itu ada di 21000.  Harga ITMG saat ini sudah berada dibawah target harga triangle.
  • Target dari raising wedge di UNTR.. ada di 18100.  Harga UNTR sudah berada dibawah target harga harga tersebut.
  • PTBA tidak terlihat adanya pattern.  Paling kalau ada suport.. ret 50% dari trend naik PTBA 2014 ada di 11500-11600.  Ret 61,8% ada di di 10900-11000.

Yang kedua… kita harus melihat penyebabnya.  Penyebab koreksi pada saham batubara ini.. ada pada harga minyak yang terus bergerak turun.

Kalau melihat harga minyak weekly yang ada dibawah (gile.. grafiknya aja sampai grafik long term)…

141015 Harga Minyak WTI

potensi koreksi dari harga minyak sebenarnya sudah tidak banyak lagi.  Harga terahir semalam di US$82 .. malah sudah berada dalam target dari trend channel.  Artinya: hara sedang di suport.. tapi kalau melihat data daily.. setidaknya butuh harga minyak WTI untuk naik diatas US$84.. baru dikatakan reversal.  Kalau reversal hari-hari ini.. harga minyak bakal memiliki ekuilibrium baru di kisaran US$90 – US$95.

So… kalau melihat potensi koreksi teknikal dari saham-saham tersebut yang sudah tidak banyak lagi.. plus adanya harga minyak yang sudah di suport level… minimal saya hanya mau bilang; jangan cut loss sekarang!!! Kalau anda mau beli.. ya memang kita harus cari entry level yang bagus.  Tapi minimal: jangan cut loss hari ini.  Anda mau cut loss ketika harga rebound.. itu urusan anda.  Kalau anda mau cut loss karena anda ketakutan melihat kondisi bursa regional.. itu terserah anda juga.  Tapi kalau menurut hemat saya… dengan koreksi yang ada.. dengan harga minyak dan chart harga terakhir dari saham-saham itu.. cut loss sekarang lebih banyak resikonya dibandingkan dengan manfaatnya.  Saya aja.. yang terakhir cut loss di 19000 atas posisi saya di 19500 ketika ex deviden kemarin.. saat ini sedang berusaha untuk mencari entry level yang bagus untuk beli… minimal untuk berharap adanya dead cat bounce.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: