Mewaspadai Dampak Kenaikan BI Rate*


Selamat pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 19 November 2014

Selamat pagi…

Hingga penutupan sore kemarin, kenaikan harga BBM Subsidi terlihat direspon positif oleh Pasar Modal. IHSG berhasil menembus resisten di 5070, dan ditutup pada level 5.102,47. Penutupan ini signalnya bullish karena secara teknikal telah membuka potensi kenaikan menuju kisaran 5150 – 5250.

Setelah penutupan, Bank Indonesia merespon kenaikan harga BBM Subsidi tersebut dengan menaikkan BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 7,75 persen. Langkah ini sebenarnya wajar mengingat dengan kenaikan BI Rate ini, inflasi yang timbul sebagai akibat dari kenaikan harga BBM Subsidi bisa diredam. Akan tetapi, kenaikan dari BI Rate ini, dikhawatirkan malah akan semakin memperlambat pertumbuhan ekonomi, yang hingga kuartal kemarin, sudah sedemikian lambat. Perlu dilihat respon dari pasar untuk perdagangan hari ini, mengingat kami khawatir bahwa pasar akan memberikan respon negatif terhadap kenaikan BI Rate.

Kisaran 5070 – 5200 akan menjadi kisaran utama untuk pergerakan IHSG untuk perdagangan hari ini. Melihat harga penutupan kemarin, potensi kenaikan sebenarnya terlihat masih cukup merata, kecuali pada saham-saham sektor transportasi yang terlihat terkena sentimen negatif dari kenaikan harga BBM Subsidi. Meskipun demikian, pemodal sebaiknya melihat dulu bagaimana reaksi pasar atas kenaikan BI Rate yang terjadi kemarin. Jika suport IHSG di 5070 gagal bertahan, trend jangka pendek IHSG bakal kembali berubah menjadi trend turun.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: