Mimpi @Bank_Indonesia Menurunkan #BIRate…*


Selamat pagi…

Hari ini.. katanya akan ada pengumuman BI Rate.  Bank Indonesia akan mengumumkan BI Rate.  Terus terang.  Saya sedikit hopeless, putus asa.  Setelah BI Rate naik 25 basis pasca kenaikan BBM kemarin.  Saya kok terlanjur berpikir bahwa BI sudah tidak perduli dengan pertumbuhan.  Yang penting inflasi terjaga.  Perkara ekonomi melambat, itu semakin bagus buat mereka, karena ekonomi melambat akan mengurangi impor.. membuat Rupiah (terhadap US$) lebih gampang dijaga.

Well… Kalau tujuan mereka adalah memerangi inflasi.  Sebenarnya mereka sudah sukses.  Itu bisa dilihat dari inflasi November yang ternyata hanya 1,5%, dibawah perkiraan banyak orang dimana inflasi bakal diatas 2%.  Itu sebabnya.. saya sedikit berharap kalau BI Rate bisa diturunkan lagi.  Toh.. Inflasi sudah terjaga…  Perkara Rupiah melemah.. itu kan karena sentimen global terhadal mata uang emerging market.  Bukan karena ekonomi kita sedang buruk.

Ekonomi kita tahun depan… sepertinya bakal lebih bagus dari perkiraan banyak orang.  Pemicunya.. sepertinya bisa dari harga minyak cenderung berada di kisaran rendah.  Kalau harga minyak masih tetap turun, tidak hanya BBM Subsidi yang bisa turun lagi.  Tapi.. pemerintah juga punya banyak tabungan anggaran untuk melakukan pembangunan.

Tapi… itu semua.. hanya bisa terjadi kalau Bank Indonesia memberikan ruang yang cukup bagi para pengusaha untuk melakukan usaha.  Ruang yang berasal dari suku bunga yang juga bergerak turun.

So… prestasi BI untuk menjaga Inflasi.. sudah terbukti.  Sekarang… saya berharap bahwa BI memiliki keinginan untuk mendorong perekonomian dengan kembali menurunkan BI Rate.  Jangan takut Rupiahnya lah.  Itu kan faktor yang diluar kekuasaan kita. Lagian.. Rupiah bisa semakin memburuk, kalau pertumbuhan ekonomi juga semakin buruk.

Tapi… itu semua kok berasa seperti mimpi ya? Hehehe.  Utopia.  Maklum.. BI langkahnya terlihat textbook semua.  Sesuai SOP.  Belum terlihata adanya keinginan untuk ‘take a risk’ atau ‘mikir agak panjang sedikit’.

Yah.. tapi kalau saya berharap… berharap BI menurunkan BI Rate… Boleh dong…

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: