2014: Tahun Belajar …*

141231 Sunset 2014

Selamat pagi…

Tanpa terasa… kita sudah mencapai akhir dari tahun 2014.  Banyak hal yang sudah kita lalui di tahun ini.  Dari perubahan fraksi yang membuat spekulan retail lokal terbirit-birit .. mengalirnya dana asing yang tahun kemarin berebut keluar dari bursa kita.. Jokowi Effect .. Pilpres .. Jokowi Effect lagi … hingga orang-orang yang gagal move on bahkan hingga saat ini.

Bagi saya .. tahun 2014 ini adalah tahun ‘belajar’ .. belajar atau pelajaran sebenarnya malahan.

  • Di tahun 2014 ini .. saya meningkatkan (mendouble dana modal saya) untuk melakukan trading saham.  Padahal…
  • Di tahun 2014 ini.. saya harus menyelesaikan studi S2 saya.  Meski akhirnya saya berhasil lulus (dengan tidak mudah tentu saja karena persiapan saya termasuk kurang) .. tapi tetap saja.. semua diselesaikan dengan stress yang tinggi.  Konsentrasi saya pada market sedikit berkurang.  Lha kok ditambah ..
  • Di tahun 2014 ini … di bulan Oktober .. seminggu setelah saya wisuda… saya baru menyadari bahwa salah satu teman terbaik saya dalam membangun pemodal retail Indonesia … ternyata sudah memutuskan (berbulan-bulan sebelumnya) untuk meninggalkan saya.

Ya sudahlah … itu yang membuat saya semenjak bulan Oktober 2014 .. mengurangi aktifitas saya di market.  Saya yang sudah merasakan… bahwa dengan beban yang tinggi telah membuat disiplin saya dalam trading sedang berkurang … sudah gitu .. masih ditambah dengan mengatasi rasa ‘sakit hati’ karena ditinggal teman … akhirnya membuat saya benar-benar kelimpungan.  Akhirnya jelas: saya hanya menjadi analis … mengurangi aktifitas saya sebagai trader.

Semua kejadian ini membuat kinerja trading saya di tahun 2014 ini.. tidak sebagus tahun 2013 yang lalu.  Lucu memang.. ditahun 2013 dimana IHSG turun tipis .. saya malah masih bisa untung dalam jumlah yang cukup besar.  Tapi di tahun 2014 dimana IHSG naik 20 persen … saya malah rugi.  Ruginya memang tidak besar.  Tapi tetap saja: Rugi.

2015: Tahun Baru … Semangat Baru!

Salah satu pelajaran atau kata terpenting dari Pilpres 2014 kemarin adalah: Move On!!!  Hasil dari Pilpres 2014 kemarin sudah jelas: Jokowi jadi Presiden, dan orang-orang yang gagal Move On.  Saya jelas tidak mau menjadi orang-orang yang sampai saat ini terus terlihat menjonru di dunia maya.  Saya mau menutup 2014 .. memandang semua sebagai pelajaran … dan saya Move On .. menghadapi tahun 2015 dengan semangat yang baru: Semangat HARUS CUAN!!! Hehehe.

Kalau saya berbicara target trading untuk 2015 … saya cuman bisa bilang bahwa: saya harus cuan!!  Minimal.. saya kepingin dapet rata-rata diatas 5% dalam sebulan. Hehehe.. Tapi.. berapapun juga hasilnya… akan saya syukuri.  Pengalaman dari 2014 kemarin… membuat saya sadar akan arti dari perkataan: Kita berusaha … berusaha semaksimal mungkin… nanti juga Alloh yang menentukan.  Hasilnya seperti apa.. kita lihat saja nanti.  IHSGnya saja… masih bisa naik sampai kisaran 6100-6350.  Dengan potensi kenaikan sebesar itu, semoga saja semua bisa berlangsung lebih mudah dibandingkan dengan tahun 2014 kemarin.

Kalau mengenai target nulis.  Well.. membuat thesis.. ternyata lebih susah daripada membuat buku.  Itu yang bisa saya garis bawahi dari pengalaman selama 2014 kemarin.  Itu yang membuat .. untuk tahun 2015 nanti.. saya berharap saya bisa menyelesaikan lebih dari 1 buku.  Pinginnya sih 3 buku (.. hehehe.. ) .. tapi selama lebih dari 1 buku.. itu sudah cukup bagi saya.  Untuk update tulisan di weblog ini.. saya juga berharap bahwa mulai dari awal Januari nanti… sudah bisa rutin 3 kali update setiap hari.  Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua .. dan semoga semua bisa dimudahkan.

Kalau mengenai target pengembangan pemodal retail … Hm… saya sih melihat bahwa di tahun 2015 nanti.. adalah tahun kebangkitan dari pemodal retail.  Tahun dimana pemodal retail bangkit kembali.  Setelah di tahun 2014 kemarin pemodal retail banyak yang meninggalkan bursa gara-gara kebijakan fraksi harga yang tidak merakyat itu … saya kira di tahun 2015 nanti .. pemodal retail bakal ‘come back’.  Itu berarti.. saya harus semakin rajin untuk bikin free training.  Free training ini adalah sebuah format training Sabtu – Senin.. dimana pemodal tidak hanya dicekoki dengan teori… tapi kita juga bisa langsung praktek.  Semoga di Bulan Februari nanti semua juga sudah berjalan normal.  Atau … yang berminat untuk kelas di tanggal 24 Januari nanti.. kira-kira banyak tidak ya? Nanti deh saya coba hubungi anda yang sudah sempat menyetor data di bulan Oktober – November kemarin.  Tapi kalau anda merasa sudah setor data tapi belum dihubungi.. anda silakan contact saya dalam minggu pertama di bulan Januari 2015 nanti.  Pada prinsipnya.. dengan 5 orang peserta saja.. saya mau memulai untuk bikin Free Training.  Tapi kita lihat saja nanti bagaimana prakteknya.

So… Let’s Move On!  Ayo kita Move ON!  Kita sambut 2015 dengan penuh kegembiraan!  Kita sambut 2015 dengan semangat baru!!!

Happy trading…. semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Comments
8 Responses to “2014: Tahun Belajar …*”
  1. adikangdra says:

    Selamat Pagi Pak Satrio,Kalau ada rencana untuk kelas tanggal 24 atau hari hari lainnya, mohon saya didaftarkan ya. terimakasih Adi K

  2. Nucky Nurachman says:

    Pak satrio, sy nucky nurachman ingin mengikuti free training pada 24 januari 2015 nanti, data2 apa saja yg diperlukan & dikirimkannya kemana?, terimakasih

    Rencana Trading Sah

  3. Tamba Hutapea says:

    Terimakasih atas berbagai ulasannya selama tahun 2014. Semoga tahun 2015 semakin baik dan dapat cuan. Happy New Year 2015. Salam. Tks

    Sent from my iPhone

    >

  4. Ronald Diaz says:

    Mas Tomi, aku ikut daftar ya… Terima kasih.

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

