15.45*


Selamat sore…

Data ekonomi kita kemarin jelek.  Kalau nggak karena Jokowi yang buka bursa..  kalau nggak hari pertama bursa di tahun 2015 … sepertinya market juga susah untuk naik.  Terlebih lagi karena Dow Futs kemarin sore naik cukup tinggi.

Hari ini.. adalah market yang sebenarnya: Dollar masih terus menguat… Minyak turun.. Rupiah melemah.  ‘Smell of Fear’ dari krisis sudah kembali terlihat.  Terutama karena data ekonomi kemarin.. memang jelek: defisit neraca perdagangan yang relatif tinggi.. sepertinya memperlihatkan bahwa Pemerintah kurang berminat dalam menjaga neraca perdagangan.  Itu yang dikhawatirkan banyak orang: Pemerintah hanya kerja.. kerja.. kerja.. tapi gak mau perduli dengan neraca perdagangan.  Bisa gawat kalau itu yang terjadi.

Plus.. masih ditambah Hang Seng yang ditutup dibawah suport pertama di 23.750.

Semua itu memicu orang untuk melakukan aksi profit taking.  Saham-saham sektor konstruksi terlihat sudah mulai running dibawah suport.  ASII juga dibawah suport.  IHSG juga running dibawah kisaran gap 5226-5230 yang merupakan suport pertama hari ini.

So… sepertinya saya belum berminat untuk positioning hari ini.  IHSG … kalaupun turun .. sepertinya juga tidak bisa banyak.  Kalau ditutup dibawah 5.226 … IHSG bakal memiliki potensi koreksi hingga kisaran gap 5113 – 5127.  Kalau ditutup dibawah 5.226 .. saya mau nunggu IHSG setidaknya dibawah 5130 sebelum mulai berpikir untuk positioning.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: