15.45*


Selamat sore…

Apa sih yang ditakutkan oleh pasar? Kalau cuman Tim Ekonomi dalam Kabinet Jokowi yang buruk… ya itu kan sudah given.  Sudah sulit untuk diubah.  Opa JK sudah terlanjur cinta mati sama Sofyan Jalil sehingga mata hatinya benar-benar tertutup oleh calon yang lain.  Padahal…  Tim Ekonomi ini jelas-jelas gagal untuk mengatasi defisit neraca perdagangan di bulan pertama mereka menjabat.  Udah gitu… orang-orang yang ‘memiliki kekuasaan’ terhadap inflasi terlihat ‘pating pecothot’ (gak karuan), seperti ketika Dirut PLN yang baru.. terlihat bisa nya cuman naikin TDL yang katanya menghilangkan subsidi… katanya dikaitkan dengan harga minyak.. padahal harga minyak juga sedang turun ketika Dia menaikkan tarif listrik.  Tim Ekonomi yang buruk… sepertinya membuat marketnya kagol.. galau.

Kegalauan ini yang terlihat membuat IHSG sulit untuk bergerak naik.  Rupiah juga berat untuk menguat.

Jokowi sepertinya memang menyerahkan Tim Ekonomi ke JK.  Padahal… JK itu… yah.. ternyata belum berubah.  Tadi saya sekilas baca berita tentang Grup Kalla yang bikin terminal gas.  Hadeeh… Ternyata kelakuannya masih tetap.  Jadi… Tim Ekonomi … kalau kualitasnya ‘Hadeeeeh’ juga.. ya saya tidak heran.

IHSG sulit naik.  Regional padahal masih bagus.  Saham-saham CPO malah bikin signal positif, berharap minyak melanjutkan rebound.  Padahal… minyak tadi pagi memang diatas resisten.. tapi sore ini juga melempem.  Membuat saya gak terlalu semangat untuk positioning di saham CPO.

Yang gerak baru properti dan konstruksi.. mendampingi bank.  CPO juga sudah lari duluan mendahului minyak.  Oh iya.. kalau anda berharap rebound saham komoditas mendampingi minyak.. saya sih sepertinya hanya tertarik pada CPO dan metal.  Kalau batubara.. saya kok kuatir bakal laggards.. ketinggalan.

So… Hari ini.. saya hanya bisa hold posisi.  Saya ada nambah posisi sedikit.. tapi ternyata nyangkut (hehehe). Dari pagi saya bingung antara semen dan CPO.. saya milih semen karena semen biasanya take off (terbang) dengan properti yang sudah terbang duluan.. eh.. kok malah nyangkut. Tapi karena hanya porsi kecil.. ya sudah saya biarken saja.  MAPI yang sudah sampai di ret 50%.. .ya saya biarkan saja.  Posisi saya tetap di sekitar 25-30%… tetap menahan diri untuk tidak tambah barang.

IHSG.. suportnya adalah gap di 5194 – 5206.  Kalau ditutup dibawah 5206.. IHSG bakal memberikan signal jelek.  Tapi.. dengan DJI punya potensi kenaikan ke 17.675.  Masih cukup.  Ya kalau DJI kenaikan semalam ternyata hanya false signal.. ya memang sial buat kita.  Tapi kalau DJI ke 17.675 .. Masa sih IHSG gak bisa rekor?

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

 

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

