Bukan 15.45*


Selamat malam…

Hari ini bukanlah hari yang baik bagi saya.  Selain masalah internet di rumah yang gak kunjung kelar.  Saya juga salah persepsi ketika baca berita.  Hadeeh.. Untung saya gak sedang punya posisi.

Tadi pagi memang saya terpana dengan berita yang ada di finance.yahoo.com.  Judulnya keren: Ekonomi Global akan mengalami peningkatan kecepatan.  Wah… saya baca sekilas.  Memang bullish.  Orang bunyinya seperti ini:

Developing countries should see an uptick in growth this year, boosted in part by soft oil prices, a stronger U.S. economy, continued low global interest rates, and receding domestic headwinds in several large emerging markets

Masih ditambah dengan: ‘Pertumbuhan pada emerging market akan naik menjadi 4,8% di 2015, dan 5,3% di tahun berikutnya.  Naik dari 4,4% di tahun sebelumnya.

Kelihatannya bagus.  Itu sebabnya, kalau anda melihat outlook saya tadi pagi… terlihat masih berbau bullish.

Lha kok agak siangan dikit.  Sekitar jam 10 … diberitahu teman tentang sisi lain dari berita tersebut yang ada pada http://www.bloomberg.com.  Bunyinya benar-benar sebaliknya: World Bank menurunkan perkiraan pertumbuhan global.

Eh… ya sudah.  Ya memang jelek.. IHSG terus ditutup dengan signal negatif, jauh dibawah suport pertama di 5194.  Indeks Dow Jones Industrial (DJI) malam ini malah turun lebih dari 1,3%.  Ya memang sih.. DJI kemarin malam naik banyak.. paginya ternyata turun.  Turun banyak begini juga bukan jaminan kalau besok pasti turun juga.  Kita lihat saja besok pagi.

So.. Kalau lihat triangle IHSG yang suportnya hari ini ditembus… potensi koreksi IHSG sebenarnya terbatas.  Paling hanya sampai gap di 5113 – 5127.  Worse case scenario? Masih flat range jangka menengah dengan suport kuat di 4900-5000.

Tapi.. satu hal yang menjadi catatan saya hari ini adalah: Kemenangan mutlak kubu buaya.. dalam pertarungan Cicak Vs Buaya Part 2.  Kesimpulan saya hanya satu: Eh.. ternyata Jokowi sama saja dengan yang sudah-sudah.

Ya sudah lah…

Move on itu gampang.  Gimana mau jadi trader bagus kalau setiap cut loss kita gak bisa move on.  Berarti.. ya saya tinggal move on saja.  Tapi.. persamaan dasar di otak saya sudah berubah:

  1. Jokowi = Pendukung Ketidakmasukakalan
  2. Jonru = Pendukung Ketidakmasukakalan
  3. Jokowi = Jonru

Jadi… nanti… kalau anda berita-berita mengenai Jokowi yang dihadapkan dengan pilihan antara ‘akal sehat’ vs ‘akal bulus/tipu-tipu/makan duit’ … ya jelas pilihan kedua yang jadi pilihan.

Problemnya kan begini: Kalau cuman suara saya yang satu orang ini… jelas tidak pengaruh.  Tapi.. dana asing yang masuk sebesar 30 tr – 40 tr tahun kemarin itu.. mereka jelas berharap akan adanya perubahan.  Ketika mereka sadar seperti saya bahwa Jokowi = Jonru.  Hehehe.  Manis banget sepertinya.

Eh… mereka sadar enggak ya?

So… IHSG ditutup dibawah suport triangle.  Targetnya sejauh ini hanya gap di 5113 – 5127.  Dalam kondisi terburuk.. IHSG hanya di kisaran lebar 4900 – 5265.  Tetap gak bisa banyak ini koreksi IHSG.  Paling bentar juga saya sudah mulai belanja.

Move On lah Rekanz…. Jokowi = Jonru.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Comments
2 Responses to “Bukan 15.45*”
  1. Okim Rahardja says:

    Hehe.. semakin hari baca artikel pagi mas Satrio, semakin “suram” outlook pemerintahan kita.. Sampai disini saya ambil kesimpulan: pak pengamat yang ini makin hari jadi makin pesimistis, dan cenderung sedikit sinis akan keadaan. Sayang sekali. Posting saya ini sebagai rasa terimakasih atas artikel/ulasan/tips market mas Satrio selama ini. Sebagai silent reader, tentu saya juga akan silently quit reading this blog. Makasih mas Satrio.

    • Satrio Utomo says:

      Bung Okim…

      Silakan saja. Toh anda juga sudah melihat buktinya. Makin hari.. pemerintahan kita memang makin suram akibat ada orang yang terlalu bersemangat dalam menunggangi Jokowi.

      Kasihan Jokowi ….

      Wassalam,
      Satrio

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

