15.45*


Selamat sore…

Pemerintah itu… sedang memperkenalkan kebiasaan baru.  Budaya baru.  Budaya yang bernama: harga akan bergerak naik turun sesuai dengan kondisi pasar.  Itu sebabnya.. pemerintah menyesuaikan harga BBM Subsidi sesuai dengan pergerakan harga minyak.  Nah.. karena Pemerintah sudah menyesuaikan sesuai harga pasar, maka gak salah dong.. kalau pemerintah juga berharap masyarakat juga menaik turunkan harga sesuai dengan permintaan pasar.

Salah satunya.. ya di harga semen dan LPG.  Dua harga ini.. yang di’pinjam’ oleh Pemerintah.. untuk memaksakan agar harga bisa sesuai dengan mekanisme pasar.  Kalau LPG.. kan karena harga minyak turun.  Tapi harga semen.. ya karena demand semen juga sedang jelek.. seiring dengan melemahnya pasar properti.

So… Pasarnya memang hanya sedang kena ‘shock terapi’ dari Pemerintah.  Harapannya untuk jangka panjang? Ya berarti orantg tidak bisa menetapkan tarif seenaknya.  Harus sesuai dengan suplai dan demand.  Kalau harga BBM Turun misalnya… ya berarti tarif taksi harus turun.  Demand properti turun misalnya… ya harganya bisa turun juga.  Jangan malah cuman dicoret terus dinaikkan lagi.  Hehehe.

Satu hal yang harus disadari disini adalah (harapan saya niy):

Pemerintah hanya menginginkan harga yang rasional.  Pemerintah tidak akan membuat/memaksa perusahaan untuk merugi!

Jadi.. koreksi yang ada pada saham-saham semen ini.. sepertinya hanya akan sesaat saja.  Nanti kan rebound lagi meski tidak kembali ke harga puncak di tadi pagi.

Regional memang sedang jelek.  Sentimen dari Swiss.. telah membuat indeks Hang Seng dan STI ditutup dibawah suport.  Trend naik mereka berakhir.  IHSG juga dibawah suport 5168.  Kalau ditutup dibawah itu.. ya memang IHSG masih berada dalam trend turun.

Saya sudah full cash sejak tadi pagi.. karena saya gak comfortable dengan regionalnya.

Semoga langkah pemerintah ini bisa menjadikan Indonesia menjadi lebih baik.

Ini yang namanya revolusi mental.  Apakah anda sudah siap?

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: