Half Time Report: Tekanan pada Saham Bank…*


Lunch Break dari PT, Universal Broker Indonesia, 20 Januari 2015

Selamat siang…

Munculnya berita perintaan dari Wapres Jusuf Kalla (JK) agar suku bunga rumah murah diturunkan dari 7,5% menjadi 5%, telah memicu munculnya aksi jual pada saham-saham perbankan. Hingga siang hari ini, indeks dari sektor finansial terkoreksi 1,19 persen, dengan BBRI terkoreksi 2,16 persen, BBNI 2,93 persen, BBTN terkoreksi 1,36 persen, dan BMRI terkoreksi 0,93 persen.

Berita tersebut memunculkan aksi jual asing di pasar reguler, yang hingga akhir dari sesi pertama sudah mencapai Rp 347,44 miliar. Aksi jual ini terlihat sedikit meningkat, mengingat dengan tekanan jual sebesar Rp 347,44 miliar tersebut, aksi jual dari pemodal asing di pasar reguler untuk hari ini, diperkirakan akan melebihi Rp 673,65 miliar yang terjadi kemarin.

Padahal, pada pergerakan pagi, IHSG sudah sempat bergerak naik hingga mencapai level 5.162,18 sebagai akibat dari sudah mulai berhentinya tekanan jual pada saham-saham sektor semen. SMGR hanya terkoreksi tipis 0,18 persen sedangkan INTP bahkan sudah bergerak naik sebesar 1,37 persen.

Di akhir sesi pertama ini, IHSG ditutup pada level 5.126,39, turun 25,70 poin (-0,50 persen). Koreksi ini sudah membawa IHSG ke kisaran gap 5113 – 5127 yang merupakan target jangka pendek kami.

Setelah penurunan harga semen dan LPG yang mengikuti penurunan harga BBM Subsi di awal minggu ini, Pasar sepertinya masih terkaget-kaget dengan cara baru pemerintah untuk melakukan komunikasi. Dalam kondisi seperti ini, pemodal sebaiknya wait and see dulu, setidaknya sampai harga bergerak turun dalam beberapa hari.

Koreksi IHSG sudah mencapai kisaran suport 5.113 – 5.127. Jika suport ini gagal bertahan, pemodal sebaiknya menunggu IHSG sampai di kisaran berikutnya di 4900-5000 untuk kembali melakukan akumulasi.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan.  PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: