Menanti Rebound di Saham Semen…*


Selamat pagi…

Kemarin, IMF menurunkan prospek pertumbuhan global sebesar 0,3 persen. Meski berita tersebut sentimennya adalah negatif, tapi pengaruhnya terhadap IHSG sepertinya tidak terlihat. IHSG masih mampu bergerak naik dengan bermodal sentimen dari dalam negeri.

Setelah kejatuhan harga saham-saham emiten semen dan gas sebagai akibat dari langkah pemerintah menurunkan harga jual semen BUMN serta LPG 12 kg, pasar memang masih terlihat rapuh. Saham perbankan dan rokok kemarin mengalami koreksi sebagai akibat dari berita-berita negatif. Untuk saham perbankan, tekanan datang dari langkah Pemerintah yang menekan perbankan untuk menurunkan suku bunga pinjaman. Saham-saham rokok kemarin terkoreksi setelah muncul analisis bahwa pemerintah bakal meningkatkan penerimaan pajak memalui kenaikan cukai rokok. Disisi lain, tekanan jual pada saham-saham sektor semen terlihat mulai menghilang, setelah pasar terlihat bisa melihat permasalahan ini dengan lebih rasional.

Trend turun pada IHSG, kemarin sudah membawa IHSG menyentuh gap di kisaran 5.113 – 5.127 yang merupakan suport kuat untuk jangka pendek. Tekanan jual dari pemodal asing kemarin terlihat sudah banyak berkurang, setelah hanya melakukan net sell sebesar Rp 446,78 miliar di pasar reguler, turun dari Rp 673,65 yang dilakukan sehari sebelumnya. Berkurangnya aksi jual dari pemodal asing, sepertinya bakal membuat IHSG cenderung kuat untuk hari ini. Meskipun demikian, karena kemarin IHSG ditutup dengan tarikan naik pada sesi penutupan, IHSG pada hari ini lebih cenderung untuk bergerak bervariasi pada kisaran 5.113 – 5.175. Penutupan diatas resisten 5.175 akan mengakhiri trend turun jangka pendek yang tengah berlangsung pada IHSG.

Pasar memang sedang belajar menghadapi volatilitas harga sebagai akibat dari harga BBM Subsidi yang mengambang. Kami hanya melihat ini sebagai sentimen jangka pendek sehingga pemodal tetap bisa melakukan aksi akumulasi atas saham-saham blue chip dengan strategi Buy On Weakness.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan.  PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: