Karena ini adalah awal dari Wave 3 ….*


 

150201 Wave of IHSG 2Selamat pagi…

Dari acara Market Outlook Februari yang diselenggarakan kemarin, ada beberapa pertanyaan yang akhirnya ‘terpaksa’ saya jawab dengan sederhana … dengan satu jawaban.

Hehehe…. Menjawab pertanyaan seperti itu… awalnya memang saya selalu berusaha melawan.. berusaha menggunakan argumen fundamental atau berita untuk menjelaskan bahwa saya tidak khawatir.  Akan tetapi, yah… namanya saya juga manusia…  memang ada batasnya juga… batas waktu… batas pengetahuan.  Maklum saja.  Gara-gara krisis politik dalam negeri sudah memasuki kategori ‘memuakkan’ … belakangan saya memang sudah kembali dalam ranah ‘pure technical’, analisis teknikal murni: saya hanya melihat analisis teknikal dari IHSG atau harga saham.  Perkara berita.. saya pikir belakangan (toh.. berita positif dan negative dari setiap kejadian selalu saja ada).’

‘Kembali ke analisis teknikal murni’ .. artinya saya kembali ke grafik.  Kembali ke grafik.. berarti saya kembali pada grafik IHSG terakhir saya berikut ini:

150201 Wave of IHSG 3

Betul… wave count saya memang sedang wave count bullish.  Arah ke atas.  Kalau anda melihat posisi terakhir IHSG … wave count saya sudah 3.3.3.3.1 dimana saat terakhir ini.. IHSG sedang mencari bottom dari wave 3.3.3.3.2.

Dengan bahasa yang lebih sederhana: Saat ini. IHSG sedang berada pada awal dari wave 3.  IHSG baru saja kelas dari wave 2.  Berita-berita jelek dari wave 2… masih belum sepenuhnya hilang.  Berita-berita positif dari wave 3… baru terlihat meski hanya sedikit.

Jadi… jangan heran… kalau saya tidak terlihat takut atau khawatir… itu karena saya masih melihat bahwa ‘semua berita-berita negative ini adalah wajar… sekedar bumbu penyedap di awal wave 3’.  Begitu.

150201 Elliot Wave - story behind wave

Toh … kinerja dari dua emiten big caps yang sudah mengeluarkan FY2014-nya (BBRI dan BBNI) … keduanya menunjukkan kinerja diatas ekspektasi.  Kuatnya fundamental adalah ciri dari wave 3.

 

Pertanyaan: Kapan Pak Tommy berubah pendapat menjadi bearish?

Anda lihat gambar diatas.  Suport di 5.121 adalah support utama dari trend naik jangka menengah yang paling pendek (subwave 3.3.3.3).  Artinya: kalau IHSG sampai bikin new low dibawah 5.121 … ada kemungkinan saya akan berubah menjadi bearish.

So… DJI hari Jumat (30 Jan) memang jelek.  Kalau anda melihat di tulisan saya yang diawal minggu… DJI berarti masih ada potesni koreksi sekitar 250 – 500 poin lagi.  Tapi… selama IHSG tidak membuat titik terendah dibawah 5.121 … saya tidak khawatir.  Lagian…setelah muncul berita QE Eropa kemarin… pemodal asing juga masih terus terlihat dalam posisi net buy.  Kita nikmati saja market minggu depan seperti apa.

Oh iya… minggu depan ini… data-data ekonomi penting banyak sekali yang keluar.  Dari data inflasi Januari, neraca perdagangan Desember, dan (kemungkinan) juga pertumbuhan ekonomi 2014.  Kalau melihat konsensusnya… neraca perdagangan bakal surplus … inflasi juga sudah rendah.  Kita lihat realitanya hari Senin deh… semoga tidak ada surprise.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

 

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

