Kekhawatiran Krisis Yunani…*


Selamat pagi…

Ini sudah hampir jam 10. IHSG masih terlihat bertahan diatas suport 5295. Masih diatas level psikologis 5.300.

Satu hal yang ingin saya sampaikan adalah: entah mengapa ini.. IHSG masih kuat, tapi hati saya kok menjadi galau. Gak enak gitu… perasaannya.

Maklum saja… DJI kemarin.. gagal naik banyak gara-gara langkah ECB yang menolak surat hutang Yunani sebagai jaminan dalam debt swap. Maklum.. sepertinya ECB yang sedang QE.. gak mau Euronya semakin jatuh terseret oleh surat hutang Yunani.. yang ratingnya junk. Ketidakpastian ini.. yang membuat dana asing yang dua minggu terakhir masuk ke bursa kita.. hari ini kembali dalam posisi wait and see. Mereka tidak dalam posisi jual siy… karena net sell sebenarnya hanya tipis… masih dibawah 50 miliar hingga jam segini. Tapi… mereka berhenti beli. Itu yang membuat IHSG tetap dalam posisi minus.

Yang lebih jelek lagi… big player lokal yang biasanya menutup mata ketika menggoreng konstruksi… terlihat sudah jauh lebih berhati-hati. Lihat saja ADHI, WIKA, PTPP, daan WSKT.. sampai siang hari ini masih dibawah half candlenya. Orang tidak gegabah lagi. Orang sudah mulai rasional.

So… Ini jam 10.30 (hehehe.. maaf lama karena tadi ada wartawan telpon). IHSG sudah mulai menggoda dibawah 5300. Saya sih.. sejak pagi sudah lebih cenderung jual.. karena krisis Eropa membuat hati saya tidak tenang. Memang… Target minimal dari wave 3 di 5365 masih belum kena. Tapi.. kalau mau cari barang.. sepertinya mendingan nunggu IHSG dibawah 5250 deh… atau malah di kisaran 5200-5225. Di level harga sekarang.. saya lebih memilih untuk mengayun posisi. Jual dulu… nanti di baibek kalau harga sudah masuk kisaran suport.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo


*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: