Tarik Menarik Sentimen Kuat Positif dan Negatif. Mana yang Menang?*


Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 5 Februari 2015

Selamat pagi…

Berita-berita yang memiliki sentimen negatif dan positif yang sangat kuat, pagi ini terlihat begitu banyak. Kondisi ini benar-benar membuat arah pergerakan IHSG sulit untuk diprediksi sehingga pelaku pasar disarankan untuk melihat pergerakan pasar sekitar 5 menit untuk bisa menentukan arah pergerakan.

Di satu sisi, langkah dari Bank Sentral China untuk melakukan pelonggaran atas rasio persyaratan cadangan bank (Required Rate of Reserve) menjadi 19,5 persen, langka pelonggaran pertama dalam 2,5 tahun terakhir, terlihat telah membuat indeks Hang Seng pagi ini bergerak naik hingga sekitar 1,1 persen. Disisi lain, kekhawatiran akan berkembangnya krisis di Eropa, setelah Bank Sentral Eropa (ECB) menolak surat hutang Yunani sebagai jaminan. Sentimen yang telah memangkas kenaikan indeks Dow Jones Industrial hanya menjadi sebesar 6,62 poijn (+0,04 epersen) sehingga ditutup pada level 17.673,02. Padahal, sebelum berita tersebut muncul, indeks DJI sempat terangkat hingga sekitar 120 poin.

Sentimen yang bervariasi ini, masih ditambah sentimen negatif dalam negeri, dari langkah DPR melakukan pengurangan atas suntikan dana pada BUMN. Meski berita ini terlihat masih belum terlalu jelas, karena kami tidak melihat adanya pemotongan atau penolakan pada anggaran suntikan dana untuk perusahaan konstruksi, tapi tekanan jual yang kemarin muncul, sepertinya harus tetap diantisipasi kelanjutan atau pembalikannya.

Kisaran utama dari IHSG pada hari ini, diperkirakan berada diantara suport 5295 dan 5365 dengan kecenderungan untuk pergerakan bervariasi. Penutupan dibawah suport 5.295 akan memunculkan signal negatif bagi pergerakan IHSG jangka pendek. Jika suport di 5.295 gagal bertahan, IHSG memiliki potensi untuk kembali menguji suport di 5.200 – 5.225.

Pemodal juga sebaiknya memperhatikan arah dari aliran dana asing, mengingat aliran dana asing yang belakangan ini terjadi, sebagian lebih karena sentiment dari QE Eropa.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agenpenjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: