Menanti Ditengah Banjir…*


Lunch Break dari PT. Universal Broker Indonesia, 10 Februari 2015

Selamat siang…

Banjir yang tengah melanda Jakarta, ternyata tidak membuat minat dari investor asing untuk membanjiri Bursa Efek Indonesia dengan aliran dana yang dimilikinya menjadi terhenti. Hingga akhir dari sesi pertama, pemodal asing masih berada dalam posisi net buy sebesar Rp 110,30 miliar di pasar reguler. Koreksi 0,53 persen yang terjadi pada indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam memang membuat aksi beli ini menjadi sedikit surut, berkurang dari Rp 480,92 miliar yang terjadi kemarin. Akan tetapi, mengingat aliran dana asing diperkirakan masih akan melewati angka Rp 200 miliar untuk hari ini, aksi beli dari pemodal asing tersebut terlihat masih cukup besar.

Meski aliran dana asing ini tergolong cukup besar, surutnya aksi beli dari pemodal asing ini, akhirnya membuat IHSG pada sesi pertama ini ditutup dengan koreksi tipis, 13,696 poin sehingga ditutup pada level 5.334,774. Meski turun, IHSG terlihat masih kuat bertahan diatas support pertama di 5.330.

Pada pasar yang sedang dalam posisi wait and see ini, aksi profit taking pada saham-saham konstruksi BUMN terlihat masih terus berlanjut. ADHI turun 1,14 persen, WIKA turun 1,24 persen, sedangkan WSKT turun 1,41 persen. Tekanan jual juga terlihat pada saham-saham CPO terkait dengan rencana Pemerintah untuk mengenakan Pajak Ekspor Tambahan untuk produk ini.

Sejauh ini, konsolidasi pada bursa regional, telah menahan laju kenaikan IHSG. Akan tetapi, IHSG belum terlihat memberikan signal negative karena masih bertahan diatas support 5.330. IHSG baru memberikan signal negative untuk trend jangka menengah, jika gagal ditutup diatas level psikologis 5.250. Disisi lain, penembusan atas resistendi 5.365 akan membuka potensi penguatan untuk jangka pendek menuju resisten selanjutnya di level psikologis 5.500.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agenpenjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: