Membuka Rekening Saham itu Mudah


Selamat pagi…

Tahun baru begini… orang selalu punya resolusi baru.  Apakah resolusi anda?

Kalau resolusi anda adalah :

  • Mulai berinvestasi saham
  • Mulai trading saham
  • Mempelajari cara jual beli saham
  • Memperoleh untung di bursa saham
  • Mencari cuan melalui beli jual saham
  • atau… apapun juga yang sama seperti itu..

Yang anda harus lakukan adalah Membuka Account di Perusahaan Sekuritas!

Membuka Account di Perusahaan Sekuritas

Membuka Account ini .. prosesnya sederhana.  Untuk cara Online, Anda bisa saja mendownload formulir Online yang ada di website-website perusahaan sekuritas, mengisinya, kemudian mengirimkannya.  Formulir pembukaan rekening ini biasanya terdiri dari dua bagian: Pembukaan Rekening Efek, dan Pembukaan Rekening Dana Nasabah.  Pembukaan Rekening Efek ini untuk membuka rekening di perusahaan efek, dan juga untuk data yang disampaikan pada Kustodian Sentral Efek Indonesia.  Ini adalah rekening penyimpanan saham yang anda miliki.  Rekening Dana Nasabah adalah rekening dari dana anda, yang ditempatkan pada bank, terpisah dari rekening perusahaan efek.  Setelah anda mengisinya secara lengkap, anda bisa mengirimkannya ke perusahaan efek dimana anda akan bertransaksi.

Cara yang kedua adalah dengan cara manual.. langsung bertemu dengan tenaga penjual/pedagang perantara/wakil perusahaan efek/broker saham/ atau bisa juga pihak customer service dari perusahaan sekuritas.  Ini berarti anda harus mendatangi kantor dari perusahaan sekuritas.  Disini nanti … anda akan mengisi formulir yang sama dengan formulir online yang tadi saya sampaikan.

Dokumen apa saja yang sebaiknya disiapkan?

Dokumen standar yang harus disiapkan … biasanya adalah:

  • Kartu Tanda Penduduk/Pasport/KITAS
  • Kartu NPWP (Kalau nggak punya juga gak masalah.  Tapi anda harus mengisi Surat Pernyataan Tidak Memiliki NPWP).
  • Kadang kala.. beberapa perusahaan sekuritas mensyaratkan anda untuk memberikan fotokopi halaman pertama dari buku tabungan anda.  Ini untuk keperluan transfer dana jika anda melakukan penarikan dana dari Perusahaan Sekuritas.
  • Bagi Ibu Rumah Tangga, biasanya harus menyertakan fotokopi KTP suami, fotokopi NPWP suami, dan juga fotokopi Kartu Keluarga.

Mana yang lebih enak? Online? atau datang langsung?

Sama saja lah…  Tapi biasanya… kalau anda melakukannya secara online… sering kali ada dokumen yang tercecer atau tanda tangan/paraf yang kurang.  Proses bolak-balik untuk pelengkapan dokumen ini yang membutuhkan waktu yang lama.

Berapa Setoran Awal Pembukaan Rekening Efek?

Bervariasi lah.  Kebanyakan sekitar Rp 5 juta – Rp 10 juta.  Beberapa sekuritas asing menyaratkan setoran minimal sebesar Rp 50 juta.  Tapi… ada juga beberapa sekuritas yang memperbolehkan anda membuka rekening dengan hanya menyetor Rp 250 ribu .. atau bahkan Rp 100 ribu.  Anda mau buka rekening dan trading bersama saya? Saya biasanya mensyaratkan setoran awal sebesar Rp 50 juta.  Karena dengan jumlah dibawah itu, keuntungan atau kerugian yang anda sering kali ‘kurang berasa’ terutama kalau anda adalah pemain bluechip seperti saya.

So… Tunggu apa lagi? Kalau cuman buka account, jelas sangat mudah.  Beli jual saham juga sangat mudah.  Yang sulit itu adalah mencari untung, memperoleh cuan.  Itu yang sulit, karena itu adalah sebuah perjalanan seumur hidup. Journey of a lifetime.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio utomo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: