Menanti Yellen…*


Lunch Break dari PT. Universal Broker Indonesia, 24 Februari 2015

Selamat siang…

Nanti malam, Chairman dari The Fed, Janet Yellen, akan melakukan testimoni. Testimoni ini dianggap penting karena diharapkan Janet Yellen sudah memberikan tanda, kapan The Fed akan mulai menaikkan suku bunga Fed Rate. Kondisi ini membuat pelaku pasar mengambil posisi wait and see, tidak hanya di bursa kawasan Asia, tapi juga pada pemodal yang sedang bertransaksi di Bursa Efek Indonesia.

Hingga akhir dari sesi pertama, IHSG hanya bergerak dalam ksiaran sempit, 5395 – 5425. Aliran dana asing juga terlihat berkurang cukup signifikan, dengan aliran dana asing di pasar reguler di sesi pertama, yang tercatat masih sebesar Rp 155 miliar. Aksi beli dari pemodal asing pad hari ini, diperkirakan bakal turun drastis jika dibandingan dengan posisi kemarin, dimana pemodal asing mencatatkan posisi net buy sebesar Rp 565,76 miliar.

Pemodal asing terlihat masih terus melakukan akumulasi pada saham-saham utama, seperti BBRI dan TLKM. Disisi lain, koreksi yang terjadi pada saham-saham komoditas, membuat kenaikan IHSG menjadi tertahan.

Indeks Dow Jones Industrial, pada hari Jumat lalu sebenarnya berhasil mencetak rekor penutupan 18.144,29. Penembusan atas rekor lama di level 18.103 ini, secara teknikal memiliki potensi kenaikan hingga kisaran 18.700 – 19.000 untuk jangka pendek, selama indeks DJI tidak ditutup dibawah suport di level psikologis 18.000. Dengan potensi kenaikan yang sedemikian besar, sepertinya pemodal bisa berharap sentiment positif dari testimoni Janet Yellen nanti malam. Meski, kalau kita melihat kondisi dari indeks di kawasan regional Asia yang cenderung bergerak turun, sepertinya pasar lebih khawatir bahwa testimoni Janet Yellen nanti malam, sentimennya bakal cenderung negatif.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: