Februari Deflasi… Semoga Tidak Ada Masalah Ketika US$ 13.000


Lunch Break dari PT. Universal Broker Indonesia, 2 Maret 2015

Selamat siang…

Biro Pusat Statistik baru saja mengumumkan bahwa untuk bulan Februari terjadi deflasi sebesar 0,36 persen sehingga angka inflasi tahunan untuk bulan Februari 2015 turun menjadi 6,29 persen dari 6,96 persen. Angka ini sentimennya cukup bagus, karena konsensus analis yang kami pantau, memperkirakan bulan Februari 2015 bakal terjadi inflasi sebesar 0,1 persen.

Dengan deflasi ini, maka kita tinggal menunggu, bagaimana reaksi dari pasar ketika nilai tukar Rupiah terhadap US$ melewati level psikologis 13.000. Jika terlihat tidak terjadi kepanikan, maka rally pada IHSG, sepertinya akan terus berlanjut.

Sejauh ini, kondisi pasar terlihat kuat. Dengan aliran dana asing yang minim, hanya sebesar Rp 92,55 miliar, IHSG mampu ditutup dengan kenaikan sebesar 21,83 poin (+0,40 persen) dan mengakhiri pergerakan pada level 5.472,12. IHSG pada hari ini memang diperkirakan bakal bergerak bervariasi pada kisaran 5.425 – 5.500. Hanya penutupan dibawah level suport 5.425 yang akan memberikan signal negatif.

Sudah lebih dari dua minggu ini, pasar memang terlihat nervous ketika nilai tukar Rupiah terhadap US$ mulai mendekati angka Rp 13.000. Dengan deflasi yang terjadi di bulan Februari, maka pelaku pasar bakal berharap bahwa BI Rate akan segera turun. Imbasnya, peluang untuk US$ menembus level psikologis 13.000 bakal semakin besar. Jika semua terjadi lancar, tidak terlihat adanya kepanikan, maka IHSG masih akan terus bergerak naik menuju resisten di kisaran 5550 – 5600.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agenpenjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: