Melakukan Penarikan Garis Trend…*


150311 Penarikan Garis Trend setelah DiperpanjangSelamat pagi…

Beberapa waktu yang lalu, kita sudah belajar mengenai apa itu yang disebut sebagai trend.  Trend itu adalah arah pergerakan harga.  Trend itu terbagi menjadi tiga: trend naik, trend turun, dan trend mendatar.

Kali ini…. kita akan belajar mengenai cara untuk melakukan penarikan garis trend.  Menarik garis trend ini sangatlah penting, karena selain untuk mengetahui arah pergerakan harga, penarikan garis trend juga digunakan untuk cara analisis teknikal yang lain, seperti analisis pola pergerakan harga, dan lain sebagainya.

1.  Tentukan Titik Awal Penarikan Garis Trend

Dalam melakukan penarikan garis trend, pertama kali yang harus kita lakukan adalah menentukan titik awal dari penarikan garis trend.  Penentuan dari titik awal penarikan garis trend ini, bisa anda lihat pada tulisan saya sebelumnya pada link berikut ini.

2.  Tentukan arah penarikan dari garis trend.  Apakah arah dari trend tersebut adalah trend naik, trend turun, atau trend mendatar.

3.  Tarikan Trend Naik dilakukan dari Titik Bottom.  Tarikan Trend Trend Turun dilakukan dari Titik Top.

4.  Garis trend naik… adalah garis yang ditarik dari titik bottom, ke arah kanan atas.  Garis trend naik ini berfungsi sebagai support dari pergerakan harga tersebut.

Cara penarikannya:

  • Lihat titik bottom (titik 0), kemudian tarik garis menuju titik terendah berikutnya yang ada pada trend (titik 1).

150311 Awal Penarikan Garis Trend Naik

  • Panjangkan garis trend ke kanan hingga semaksimal mungkin.  Disitu kemudian muncul titik-titik yang lain (titik 3 dan titik 4) yang merupakan konfirmasi dari garis trend naik tersebut.

150311 Penarikan Garis Trend setelah Diperpanjang

5.  Garis trend turun… adalah garis yang ditarik dari titik top, kearah kanan bawah.  Garis trend turun ini berfungsi sebagai resisten dari pergerakan harga tersebut.

Berikut adalah cara penarikan dari garis trend turun:

  • Tentukan titik bottom (titik 0) dan titik pertama di depan titik bottom (titik 1) yang akan menjadi awal dari penarikan garis trend.  Tarik garis yang menghubungkan dua titik tersebut.

150311 Awal Penarikan Garis Trend Turun

  • Panjangkan garis tersebut hingga semaksimal mungkin.  Anda akan menemukan beberapa titik yang lain (seperti titik 3 dan titik 4) yang merupakan konfirmasi dari keberadaan garis trend turun tersebut.

150311 Garis Trend Turun Setelah Diperpanjang

 

6.  Garis trend ini disebut sebagai berakhir, apabila trend tersebut berakhir.  Ini membuat dalam melakukan penarikan garis trend, pastikan kita tidak melanggar aturan Rule of Three.  Rule of Three ini adalah aturan yang menyatakan, kapan sebuah support atau resisten berakhir perannya sebagai support atau resisten.  Karena garis trend itu sebenarnya fungsinya mirip dengan support (pada trend naik) atau resisten (pada trend turun), maka kita menggukanan Rule Of Three ini sebagai penentuan kapan sebuah trend berakhir.

Sementara itu dulu dari saya… nanti saya lanjut lagi.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: