Asing Jualan karena Gerakan Mahasiswa???*


Selamat pagi…

Saya terus terang masih bingung kenapa hari Jumat kemarin …tekanan jual dari pemodal asing demikian besar.  Ok lah Dow Jones Industrial Kamis malam turun sebesar 117,16 poin.. tapi koreksi sebesar itu.. dengan posisi penutupan hanya beberapa poin dibawah half candlenya… tidak lantas membuat pemodal asing lari tunggang langgang dari Bursa Efek Indonesia… tidak bias menjelaskan mengapa pemodal asing balik badan.. melakukan posisi net sell sebesar Rp 553,3 miliar setelah sehari sebelumnya berada dalam posisi net buy sebesar Rp 541 miliar.  Mengapa pemodal asing melakukan posisi jual?

Saya kemarin sudah mencoba melihat.. beberapa faktor yang mungkin terjadi.  Mulai dari penurunan harga BBM Subsidi,  BI Rate yang gagal turun, sampai pasar yang wait and see menanti perkembangan selanjutnya.  Tapi gak ada yang make sense.  Sampai saya melihat TV di sore hari : Eh.. ternyata ada demo besar mahasiswa UI di Depok.  Lah.. tapi kok tema Demo Mahasiswa UI ini..  hanya masalah Anti Korupsi? Terus.. demo-demo Mahasiswa yang ada di tempat lain.. temanya juga tidak sama: Mahasiswa UNS minta Jokowi pulang kampung… Di Balai Kota ada demo mahasiswa.. tapi demo Ahok.    Yang paling keras… adalah Demo Cabut Mandat Jokowi .. tapi itu di Riau… dan Demo Turunkan Jokowi di Medan.  Aksi demo memang ada… tapi hanya terlihat sporadis … tidak terorganisasi secara baik dan nasional.  Ada tuduhan media di berangus.. dibungkam.  Tapi.. TV Oon yang paling ‘gagal move on’… pun tidak terlalu memblow up berita demo mahasiswa ini.  Jadi… aksi demo ini juga tidak terlihat terlalu negative sentimennya.

So… IHSG pada hari Jumat akhirnya masih ditutup pada kisaran gap 5435 – 5444.  Signalnya masih relatif netral.  Dow Jones Industrial (DJI) malah naik 168 poin, tembus 18.000 lagi pada hari Jumat.  Jadi .. mari kita lihat kemana market kita untuk hari ini.  IHSG sih.. sudah hamper 2 minggu tertahan pada pergerakan flat di kisaran 5410 – 5460.  Kalau bisa ditutup diatas 5.460 .. berarti IHSG sudah bakal membuka potensi kenaikan hingga 5500.  Tapi.. selama belum tembus (sudah tembuspun.. kan juga bisa false signal… hehehe) .. ya kita lihat saja.

Hari ini saya lebih cenderung sell on strength… ayun posisi.  Tapi kita lihat deh… kalau IHSG ditutup diatas 5460 dan Hang Seng bisa tembus 24500-24550 .. ya berarti saya malah mau nambah posisi.

Worse case scenario: ada orang yang iseng kudeta selama Presiden sedang di luar negeri.  Tapi apa iya ada yang seiseng itu? Sepertinya sih enggak…. Semoga saja enggak lah…

Happy trading … semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: