Menanti BI Rate dan Neraca Perdagangan…*


Lunch Break dari PT. Universal Broker Indonesia, 13 April 2015

Selamat siang…

Menjelang pengumuman BI Rate dan Neraca Perdagangan dalam beberapa hari mendatang, pasar terlihat merespon data-data ekonomi yang bersentimen negatif. Setelah tadi pagi muncul berita bahwa penjualan properti untuk kuartal pertama turun sebesar lebih dari 20 persen, siang hari ini, berita negatif masih ditambah dengan penjualan sepeda motor untuk bulan Maret yang turun sebesar 24,7 persen. Angka ini lebih besar dari penurunan sebesar 18,1 persen yang terjadi pada bulan Februari.

Berita-berita negatif ini membuat pemodal asing semakin semangat untuk melakukan aksi profit taking. Ini bisa dilihat dari peningkatan tekanan jual yang dilakukan oleh pemodal asing di pasar reguler, dimana pemodal asing membukukan net sell sebesar Rp 206,23 miliar, posisi net sell tertinggi semenjak tanggal 9 April lalu.

IHSG pada sesi pertama terkoreksi sebesar 35,89 poin (-0,65 persen) sehingga ditutup pada level 5.455,45. IHSG mengakhiri pergerakan sesi pertama dibawah suport pertama di level 5.475. IHSG memiliki suport kedua pada level 5.435.

Berita penurunan penjualan property yang muncul tadi pagi, telah membuat saham-saham properti mengalami tekanan yang cukup hebat. Hingga siang hari ini, saham APLN turun 4,04 persen, BSDE turun 2,56 persen, sedangkan CTRA truun 2,03 persen. Koreksi pada saham property ini juga menekan sektor semen, dengan SMGR turun 2,42 persen dan INTP turun 1,2 persen.

Pelaku pasar sepertinya masih akan waspada menjelang pengumuman BI Rate dan neraca perdagangan bulan Maret. Ini yang membuat IHSG mengalami tekanan dan menguji kisaran suport di 5.435 – 5.475 untuk pergerakan hari ini. Keberadaan dari trend naik jangka menengah IHSG, tetap membuat kami memberikan rekomendasi Buy On Weakness menjelang pengumuman BI Rate dan Neraca Perdagangan nanti.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agenpenjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: