Menanti Data Neraca Perdagangan…*


Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 15 April 2015

Selamat pagi…

Melihat event calendar yang ada di Reuters, hari ini BPS dijadwalkan akan mengumumkan posisi neraca perdagangan untuk bulan Maret. Data ini kami anggap sangat penting karena akan digunakan oleh para ekonom untuk memprediksi pertumbuhan ekonomi kuartal pertama.

Kondisi Bursa Efek Indonesia sebenarnya tidak terlalu bagus. Ketetapan dari Bank Indonesia (BI) bahwa BI Rate tetap di level 7,5 persen terlihat gagal memberikan sentiment positif pada pasar. IHSG kemarin ditutup pada level 5.419,11, dibawah suport pertama di 5.435. Posisi penutupan tersebut signalnya tidak terlalu bagus karena membuka potensi koreksi hinga kisaran 5.350-5.375.

Kondisi dari IHSG yang tidak terlalu bagus ini, menjadikan data neraca perdagangan seakan menjadi sentiment positif terakhir yang ditunggu oleh pelaku pasar menjelang pengumuman angka pertumbuhan ekonomi kuartal pertama 2015 (1Q2015) yang sedianya akan dilakukan pada beberapa minggu mendatang. Jika neraca perdagangan ternyata malah defisit, kami melihat peluang bahwa pasar akan terus merespon signal-signal negatif yang kemarin muncul.

IHSG pada hari ini diperkirakan bergerak bervariasi pada kisaran 5.350 – 5.435. Hanya penutupan diatas 5.435 yang akan mengakhiri trend turun jangka pendek yang tengah berlangsung.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: