Sentimen Negatif Membayangi…


Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 20 April 2015

Selamat pagi…

Indeks dari bursa di kawasan Asia pagi ini terlihat cenderung bergerak turun, setelah sentimen negatif dari dibukanya fasilitas short sell di bursa China memicu koreksi 279,47 poin (-1,54 persen) pada indeks Dow Jones Industrial (DJI). Indeks Strait Times pagi ini terkoreksi tipis 0,2 persen sedangkan Nikkei terkoreksi tipis 0,11 persen. Koreksi pada bursa regional Asia terlihat tidak terlalu besar, mengingat Bank Sentral China pada hari Minggu kemarin mengeluarkan stimulus, berupa penurunan instrument keuangan (semacam) Giro Wajib Minimum.

Dengan sentimen yang cenderung bervariasi ini, IHSG pada hari ini diperkirakan bakal tetap bergerak bervariasi dengan kisaran 5.397 – 5.435 sebagai kisaran utama. Di satu sisi, IHSG bakal memberikan signal positif jika pada hari ini berhasil ditutup diatas resisten di 5.435. Disisi lain, jika suport di 5.397 gagal bertahan, IHSG bakal bergerak turun hingga kisaran suport di 5.350 – 5.375.

Pelaku pasar terlihat tegang dalam menunggu kinerja emiten untuk 1Q2015 ini, setelah pada hari Jumat kemarin, BDMN, selaku emiten yang pertama mengumumkan laporan keuangan 1Q2015, mencatatkan kinerja dibawah ekspektasi. Pemodal asing juga belakangan terlihat cenderung net sell, setelah kenaikan yang terus terjadi pada harga minyak, dikhawatirkan bakal terus membuat harga BBM bergerak naik.

Secara teknikal, IHSG memang sudah memiliki signalnya terlihat negatif semenjak pertengahan minggu lalu, setelah kegagalan suport di 5.435 untuk bertahan, terlihat membuka potensi pelemahan teknikal hingga kisaran 5.350 – 5.375 sebagai target dari pola double top.

Dengan adanya potensi koreksi jangka pendek pada IHSG, pemodal sebaiknya melakukan positioning dengan moda trading. Posisi-posisi spekulatif bisa dilakukan pada saham-saham batubara atau CPO, yang berpotensi memperoleh sentimen positif dari kenaikan harga minyak.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: