Tekanan dari Dalam dan Luar Negeri


Lunch Break dari PT. Universal Broker Indonesia, 20 April 2015

Selamat siang…

Aksi jual dari pemodal asing untuk perdagangan hari ini di Bursa Efek Indonesia, sebenarnya sudah berkurang cukup banyak. Jika dibandingkan posisi hari Jumat dimana pemodal asing berada dalam posisi net sell sebesar Rp 415,26 M, posisi net sell sebesar Rp 72,36 M yang terjadi hingga akhir dari sesi pertama ini, terlihat jauh lebih sedikit. Aksi jual yang berlangsung pada hari ini, sepertinya hanya sekitar setengah dari aksi jual yang terjadi pada hari Jumat kemarin.

Meskipun demikian, IHSG pada hari ini malah terkoreksi sebesar 22,69 poin (-0,42 persen) sehingga ditutup pada level 5.387,95. IHSG terkoreksi sebagai akibat dari kondisi dari bursa regional Asia yang terlihat masih belum kondusif, ditambah dengan kekhawatiran pelaku pasar akan kinerja 1Q2015 dari emiten.

Dari bursa regionak, tarik menarik antara sentiment positif dari paket stimulus China melawan sentiment negatif dari dibukanya aturan short sell di bursa China, sepertinya dimenangkan oleh sentimen negatif. Indeks Hang Seng hingga siang hari ini running dengan koreksi sebesar 551,21 poin atau setara dnegan 2,0 persen.

Dari dalam negeri, kekhawatiran akan munculnya sentiment negatif dari kinerja 1Q2015 membuat ASII mengalami tekanan jual dan mengakhiri pergerakan sesi pertama dengan koreksi sebesar 2,51 persen. Di akhir minggu lalu, ASII baru saja mengumumkan angka penjualan mobil untuk 1Q2015 dimana volume penjualan mobil ASII turun 20,8 persen.

IHSG mengakhiri pergerakan sesi pertama ini dibawah kisaran suport 5.397 – 5.411 yang merupakan kisaran suport kuat bagi IHSG. Secara teknikal, IHSG memang sedang berada dalam trend turun dengan potensi koreksi hingga kisaran 5.350 – 5.375. Jika IHSG gagal ditutup diatas suport 5.397 pada sore hari nanti, pemodal sebaiknya menunda dulu posisi akumulasi sambil menunggu IHSG mencapai suport yang kuat.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agenpenjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: