Asing yang Jualan ini Asing yang Mana Ya?


Selamat pagi…

Aksi jual dari pemodal asing… masih terus terjadi.  Aksi jual dari pemodal asing ini masih terjadi karena kinerja dari BBRI dan BBCA belum keluar.  Mereka sepertinya mengantisipasi kurang bagusnya kinerja BBRI dan BBCA.. setelah BMRI dan BBNI kemarin juga tidak bagus.

Pertanyaannya sekarang adalah: ini.. yang jualan kok gak habis-habis ya? Posisi dana asing di Bursa Efek Indonesia saat ini berapa sih?

Saya lebih senang membagi dana asing yang masuk ke bursa kita menjadi 2 jenis.  Jenis yang pertama.. adalah dana jangka pendek, yaitu dana yang masuk semenjak awal tahun.  Jenis yang kedua.. adalah dana Jokowi Effect.. yang masuk sejak tanggal 17 Desember 2013.  Dana ini adalah dana asing yang masuk sebagai dukungan atas dicalonkannya Jokowi sebagai Presiden RI.

Posisinya adalah sebagai berikut:

Untuk aliran dana asing jangka pendek (2015)… hingga posisi jam 11.00 tadi.. posisinya sudah tinggal kurang dari Rp 1 trilyun.  Ini untuk posisi net.  Tapi.. kalau dari posisi terendahnya (dari pertengahan Januari 2015) .. posisinya masih ada Rp 3 tr – Rp 4 tr lagi.

150429 Dana Asing 2015

Kalau untuk posisi Aliran Dana Asing Jokowi Effect…. sepertinya masih banyak.  Masih ada sisa sekitar Rp 30 trilyun.

150429 Aliran Dana Asing Jokowi Effect

Pertanyaannya sekarang adalah: apakah net sell asing yang terjadi sekarang ini.. adalah hanya merupakan net sell asing sebagai reaksi atas kinerja emiten yang buruk? Atau … memang net sell asing ini disebabkan oleh sesuatu yang ‘lebih besar’?

Kita lihat saja nanti.

Saya sih.. masih berharap pada angka pertumbuhan GDP 1Q2015.  Kalau angka tersebut bagus.. sebenarnya ada kemungkinan dana asing ini akan berbalik lagi.  Itu sebabnya.. saya kedepan bakal cenderung beli.  Terutama karena selama suport di 5000 tidak tembus.. saya masih cenderung bullish (target IHSG 6100-6350 saya belum batal).

Cuman ya gitu.  Kondisinya kok terlihat jelek ya.  Saya benar-benar terpengaruh oleh omongan Si Oneng ini, yang bilang kalau dia sudah menyesal memilih Jokowi.  Kalau PDIP tidak bereaksi.. saya khawatir bahwa ‘PDIP sudah mulai menjalankan Operasi Menggunting Dalam Lipatan‘.

Semoga saja tidak.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

 

 

Comments
5 Responses to “Asing yang Jualan ini Asing yang Mana Ya?”
  1. pa ipo says:

    Mungkin gak pak ada hubungan dengan eksekusi mati warga asing,,?

  2. Tamba Hutapea says:

    Pak Satrio, Coba analisis kelakuan menempatkan para relawan sebagai komisaris BUMN, tingkat profesionalisme beberapa menteri ekonomi, beberapa keputusan MK (UU SDA, Hortikultura )dan beberapa keputusan Menteri KABINET Kerja moratorium usaha perikanan, kehutanan

    Sent from my iPhone

    >

  3. Tamba Hutapea says:

    Pak Satrio, Coba analisis kelakuan menempatkan para relawan sebagai komisaris BUMN, tingkat profesionalisme beberapa menteri ekonomi, beberapa keputusan MK (UU SDA, Hortikultura )dan beberapa keputusan Menteri KABINET Kerja moratorium usaha perikanan, kehutanan dan lambatnya pelaksanaan UU Minerba. Tks

    Sent from my iPhone

    >

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: