Menanti Data Pertumbuhan Ekonomi*


Selamat pagi…

Biro Pusat Statistik pada websitenya kemarin mengumumkan bahwa pada hari ini akan mengumumkan angka pertumbuhan ekonomi kuartal pertama 2015. Angka ini sangatlah penting mengingat angka ini merupakan indikator dari keberhasilan dari Tim Ekonomi dari Presiden Joko Widodo. Dengan konsensus analis yang kami pantau di Reuters sebesar 4,95 persen, maka pasar sepertinya hanya akan memberikan respon positif jika pertumbuhan ekonomi 1Q2015 hanya melemah tipis di sekitar 4,95 persen, atau bahkan naik diatas angka pertumbuhan GDP 4Q2015 yang sebesar 5,01 persen.

Kinerja emiten yang memburuk, sebenarnya sudah membuat pemodal asing melakukan aksi jual yang cukup hebat dalam 2 minggu terakhir. Sedemikian hebat sehingga posisi dari net buy asing di pasar reguler semenjak awal tahun, saat ini sudah sangat tipis, kurang dari Rp 2 trilyun. Meskipun demikian, pemodal asing di pasar reguler masih memiliki aksi beli sebesar Rp 30 trilyun yang merupakan akumulasi aksi beli semenjak akhir 2013 hingga akhir 2014. Kami agak khawatir jika data pertumbuhan GDP kuartal I 2015 ini direspon negatif, pemodal asing bakal melepas posisi jangka panjang yang sudah mereka lakukan.

Setelah gagal ditutup diatas resisten pertama di 5.141 pada pergerakan kemarin, IHSG pada hari ini diperkirakan bakal bergerak flat naik pada kisaran 5.100 – 5.250. Penutupan dibawah suport 5.100 akan menjadi signal negatif untuk pergerakan IHSG jangka pendek.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agenpenjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: