Alternative Wave Counting IHSG: Bullish Sampai Saat-Saat Terakhir…*


Selamat pagi…

Pertumbuhan GDP 1Q2015 yang jelek, membuat saya melihat berbagai alternatif hitungan wave.  Maklum saja.  Saya sebenarnya tetap males untuk bearish.. karena untuk bearish.. maka saya harus memprediksikan ‘Jokowi Turun’ dengan target IHSG dibawah 4500.. atau bahkan dibawah 4000.  Jadi.. saya tetap berusaha untuk berada dalam skenario: oh.. ini hanya koreksi jangka pendek… nanti akan rebound lagi.

Masalahnya: Skenario IHSG saya saat ini.. suportnya terlalu pendek… cuman di 5005.

150506 Wave Counting IHSG saat ini

Sedangkan.. dengan data ekonomi seperti itu… saya harus bisa menjawab pertanyaan:

mas.. 5005 itu kan deket.. kalau 5000 turun dikit terus rebound.. tidak bisakah kita tetap bullish?

Setelah saya kutak-kutik sedikit.. ternyata bisa.  Wave counting alternatif untuk saat ini adalah sebagai berikut:

150506 Alternative Wave Counting - Tetap Bullish

Dari chart diatas… beberapa pointer yang bisa kita ambil adalah:

  • Suport utama dari IHSG ada di level 4913 (awal dari wave 1).  Selama suport tersebut tidak ditembus, saya masih bisa bullish.
  • Untuk hari ini, suport ada di level 5.130.
  • Jika suport 5130 ditembus, IHSG bakal miliki potensi koreksi hingga 5060 – 5120 untuk menjemput subwave 5 dari corrective wave.  Itu kalau tidak extended.  Kalau extended targetnya bisa di sekitar 4975 – 5000.

Jadi… kalau 5005 ditembus.. saya bisa tetap bullish.

Selama IHSG tidak bikin new low dibawah 4913.. saya tetap bullish.

Problemnya adalah: net buy dari investor asing untuk 2015.. sudah minus… meski.. kalau dari lowest level.. masih ada posisi net buy sekitar Rp 2 tr – Rp 3 tr.  Atau… dengan kata lain.. semoga saja tidak ada net sell diatas Rp 3 tr dalam beberapa hari kedepan.  Kalau ada… berarti asing mulai melepas dana Jokowi Effect (dana asing yang masuk selama periode Desember 2013 – Desember 2014) yang besarnya adalah sekitar Rp 30 tr.

Saya selalu berharap yang terbaik.. meski… saya juga harus siap untuk kondisi terburuk.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Comments
One Response to “Alternative Wave Counting IHSG: Bullish Sampai Saat-Saat Terakhir…*”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] sudah… anda pasti juga masih memperhatikan bahwa wave counting saya masih tetap seperti saat saya melakukan penghitungan terakhir kali. Pada tulisan saya pada 6 Mei 2015 yang lalu… wave counting saya adalah seperti berikut […]



Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

