IHSG Mencoba Bertahan Dalam Trend Naik…*


Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 7 Juli 2015

Selamat pagi…

Pernyataan dari Janet Yellen, pemimpin dari The Fed, bahwa valuasi saham di Amerika tergolong tinggi, telah membuat indeks Dow Jones Industrial (DJI) terkoreksi sebesar 86,22 poin (-0,48 persen). Posisi penutupan indeks DJI pada level 17.841,98 masih cukup jauh diatas suport penting di 17.750 membuat koreksi tersebut belum memberikan signal negatif. Meskipun demikian, indeks di kawasan regional Asia pagi ini cenderung bergerak turun, dengan indeks Strait Times running dengan koreksi sebesar 0,54 persen, sedangkan indeks Hang Seng dibuka dengan koreksi sebesar 0,27 persen.

Hingga pergerakan kemarin, IHSG masih terus bergerak dalam trend naik, ditengah sentimen negatif dari data pertumbuhan ekonomi. Pemodal asing terlihat sudah mulai berbalik posisi dari posisi beli menjadi posisi jual. Meskipun demikian, perlawanan yang masih ditunjukkan oleh pemodal lokal pada saham-saham sektor konstruksi, CPO, dan konsumsi, terlihat masih mampu membuat IHSG bertahan pada trend naik.

Sentimen negatif dari bursa regional ini, diperkirakan akan mengancam trend naik jangka pendek yang saat ini masih berlangsung pada IHSG. IHSG pada hari ini diperkirakan bakal bergerak bervariasi pada kisaran 5.121 – 5.202. IHSG akan memberikan signal negatif jika gagal ditutup diatas suport 5.121.

Dari perdagangan kemarin, pemodal lokal terlihat memberikan perlawanan atas tekanan jual dari pemodal asing. Meskipun demikian, konsentrasi dari keduanya terlihat berbeda dimana pemodal asing terlihat berfokus pada saham-saham big caps, sedangkan pemodal lokal lebih berfokus pada saham blue chip lapis kedua, pada sektor CPO, konstruksi, dan konsumsi. Signal positif yang muncul pada ketiga sektor tersebut diperkirakan tetap membuat posisi pembelian spekulatif terlihat menaik untuk dilakukan, meski dengan strategi buy on weakness. Disisi lain, pemodal sebaiknya waspada jika pemodal asing masih melakukan aksi jual secara agresif, mengingat posisi jangka pendek dari pemodal asing saat ini sudah tersisa sangat sedikit. Jika pemodal asing melakukan tekanan jual secara agresif, kami khawatir bahwa mereka mulai melakukan tekanan jual dengan menggunakan posisi jangka panjang.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agenpenjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: