Melihat kemampuan IHSG untuk Bertahan…*


Selamat pagi…

Dow Jones Industrial (DJI) semalam terkoreksi tipis, 0,48 persen. Trend turun dari DJI masih berlanjut.

Kalau melihat penurunan DJI hanya sebesar itu.. harusnya bukan masalah bagi IHSG. Akan tetapi.. karena kemarin pertarungan dari lokal dan asing sudah mulai berlangsung.. kita tinggal melihat mana yang akan memenangkan pertarungan.

Saya sebut sebagai pertarungan karena pemodal asing mulai melakukan tekanan jual pada saham-saham big caps sedangkan pemodal lokal terus menggoreng saham-saham kesayangan mereka (konsumer, konstruksi, CPO).

Hari ini kita tinggal lihat siapa pemenangnya. Biasanya sih… selama net sell asing masih di bawah Rp 1 trilyun semuanya tidak masalah. Tapi kalo sudah di atas Rp 1 trilyun itu baru masalah. Problemnya: hingga perdagangan kemarin posisi jangka pendek pemodal asing sudah habis atau minimal tinggal sedikit sekali. Kalo pemodal asing pada hari ini net sell lebih dari satu trilyun, berarti dana ‘Jokowi Effect’ yang besarnya Rp 30 trilyun itu mulai dilepas di pasar. Apakah benar pemodal lokalnya masih berani melawan? Apakah pemodal lokalnya masih kuat untuk melawan?

Saya sih masih dalam posisi full cash. Tapi sepertinya saya tidak mau ketinggalan kalo pemodal lokal akan melakukan perlawanan. Tapi yang jelas: posisi saya sepertinya hanya merupakan posisi trading yang tidak besar. Saya hanya tertarik pada ketiga sektor yang dimainkan oleh pemodal lokal. Itupun… saya mau melihat posisi aliran dana dari pemodal asing. Jika net sale asing dalam lima menit sudah melewati Rp 50 miliar atau dalam 15 menit sudah di atas Rp 100 miliar maka saya akan cenderung mengambil posisi defensif, saya akan lebih berhati-hati.

So… fund-fund lokal sepertinya sedanf melakukan pencitraan bahwa pertumbuhan ekonomi yang jelek sudah terdiskon dengan koreksi kemaren. Tapi pemodal asing masih memiliki amunisi sebanyak Rp 30 trilyun yang bisa saja di lepas jika mereka berpendapat bahwa kondisi saat ini belum mencerminkan data pertumbuhan ekonomi yang kemarin dipublilasikan. Saya hanya mengalir mengikuti siapa pemenangnya.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

