Sentimen Positif dari Bursa Regional…*


Selamat pagi…

Sentimen positif dari data tenaga kerja, telah membuat indeks Dow Jones Industrial (DJI) bergerak naik 267,05 poin (+1,49 persen) pada hari jumat lalu. Dengan penutupan dpada level 18.191,11, signal dari indeks ini cukup positif karena sudah menembus resisten di 18175 yang sudah bertahan lebih dari satu bulan. Sentimen positif dari indeks DJI ini, telah membuat indeks di kawasan Asia pagi ini cenderung bergerak naik. Indeks Hang Seng pagi ini running dengan kenaikan sebesar 0,14 persen, sedangkan Strait Times naik 0,31 persen.

Sentimen positif dari bursa regional ini, diperkirakan bakal membuat IHSG bergerak naik pada perdagangan pagi. IHSG pada hari ini diperkirakan bakal bergerak flat-naik dengan kisaran utama diantara suport 5.175 dan resisten di 5.202. Penutupan diatas resisten 5.202 bakal membuka potensi kenaikan hingga kisaran 5.240 – 5.250. Disisi lain, penutupan dibawah suport 5.175 akan menjadi signal negatif bagi pergerakan IHSG selama satu minggu kedepan.

Dari penghitungan kami atas aliran dana asing di pasar reguler, posisi jangka pendek (net buy mulai Januari 2015) yang dilakukan oleh pemodal asing, sebenarnya sudah habis. Dengan data pertumbuhan ekonomi yang buruk, kami sebenarnya khawatir kalau pemodal asing kemudian melepas posisi jangka panjang, posisi Jokowi Effect yang merupakan hasil dari aksi beli mereka selema bulan Desember 2013 hingga bulan Desember 2014. Pemodal sebaiknya lebih waspada, terutama jika posisi net sell dari pemodal asing di pasar reguler sudah melewati angka Rp 100 miliar sebelum 30 menit pertama perdagangan.

Meskipun demikian, pemodal sebaiknya juga tidak memungkiri bahwa trend jangka pendek dari IHSG dan sebagian besar saham blue chip, masih berada dalam trend naik. Posisi spekulatif terlihat masih menarik untuk dilakukan, terutama pada saham-saham komoditas yang diharapkan bisa meraup keuntungan, ditengah melemahnya Rupiah.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agenpenjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: